Setiap perusahaan senantiasa memerlukan sarjana yang menguasai pengetahuan akuntansi, keuangan dan perbankan. Seorang sarjana bidang akuntansi akan mampu menganalisis pencapaian kinerja bisnis, melalui audit dan laporan keuangan. Sedangkan bagi pimpinan perusahaan, penguasaan ilmu akuntansi menjadi instrumen penting memahami efektivitas dan efisiensi proses bisnis.

Peluang karir terbuka luas bagi lulusan prodi akuntansi. Pada tahun 2016 saat penerapan ASEAN Economic Community dapat menambah peluang bekerja di kawasan ASEAN. Kondisi tersebut merupakan tantangan baru sekaligus peluang bagi para sarjana bidang akuntansi agar dapat mengisi dan terserap di dunia kerja kawasan ASEAN.

Kurikulum Program Studi (Prodi) Akuntansi IBS dirancang memberikan pengetahuan tentang struktur keuangan dalam bisnis. Kurikulum ini berpegangan pada tiga pilar standar akuntansi secara mendalam yaitu: konvergensi IFRS (International Financial Reporting Standards), PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan), PSAK Syariah dan SAK ETAP (Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik). Para mahasiswa diberi pengetahuan tentang cara menyusun dan menganalisis laporan keuangan. Kekhasan kurikulum Prodi Akuntansi adalah adanya muatan mata kuliah perbankan.

Pada saat merancang kurikulum tersebut IBS melakukan kerja bersama dan studi banding dengan institusi terkait. Ada beberapa lembaga yang sudah mempunyai jalinan hubungan secara formal yaitu: Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), Certified Public Accountant (CPA) Australia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, dan Perbankan. Setiap mahasiswa diberikan kesempatan melakukan kegiatan magang baik di Bank Indonesia, OJK maupun di perbankan baik konvensional ataupun syariah.



Contact Email : akuntansi@ibs.ac.id