Company Visit ke Pabrik Yakult

Himpunan Manajemen IBS menyelenggarakan Company Visit ke Pabrik Yakult yang di dampingi oleh Ibu Nelmida dan Pak Deni selaku dosen Manajemen. Teman-teman Jurusan Manajemen mendapatkan pemaparan penjelasan dari mengenai PT. Yakult Indonesia Persada merupakan perusahaan yang mempunyai lisensi atas nama Yakult Honsha Co., Ltd., yang berada di Jepang sejak tahun 1990.
Pabrik yang memiliki luas tanah sebesar 50.000 m2 ini mulai dioperasikan pada tahun 1997 dengan jumlah kapasitas produksi sebanyak 3.300.000 botol per harinya. Yakult original pertama kali ditemukan oleh Dr. Minoru Shirota pada tahun 1930 di Kyoto Imperial University. Ia menemukan sebuah bakteri baik yang berguna bagi usus tubuh dan dinamakan sebagai L. casei Shirota strain. Bakteri L. casei Shirota strain mempunyai banyak manfaat bagi tubuh seperti, menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus, menjaga kondisi tubuh, dan memperbaiki sistem pencernaan tubuh.

Banyak hal yang kami dapatkan dari kunjungan industri ini. Salah satunya kami dapat melihat proses produksi PT. Yakult Indonesia Persada secara langsung mulai dari proses fermentasi hingga pembuatan botol untuk kemasannya dan akhirnya produk siap untuk dipasarkan.

Kegiatan di dalam pabrik Yakultnya sendiri dari jam 1 sampai 3 sore, dimana kegiatannya berupa presentasi dari pihak Yakult membahas sejarah, kegunaan, hingga kegiatan marketingnya. Dilanjutkan jalan-jalan ke tempat produksi dimana ada beberapa tahap dan workstation pembuatan Yakult itu sendiri diantaranya: pembibitan bakteri – fermentasi – pembuatan botol – pengisian botol – packing QC dll. Di sinilah saya akhirnya bisa melihat secara langsung proses produksi suatu produk dari awalnya produk mentah diolah hingga packing.

Banyak ilmu dan pengalaman dari kunjungan industri ke Yakult ini selain ini pengalaman pertama saya mengunjungi sebuah perusahaan. Ternyata ilmu-ilmu yang saya pelajari di perkuliahan diterapkan juga di pabrik ini mulai dari proses produksi, manufaktur hingga marketingnya.