“Dream Big: Unleash Your Potential. Menangkap Peluang Ekspor,
From Local to Global”

Potensi Sulsesl di berbagai sektor membawa daerah ini mendorong calon investor mengalir deras melirik potensi yang terkandung di daerah tersebut. Kakao merupakan salah satu potensi utama Sulawesi Selatan. Kakao Sulawesi Selatan menyumbang 60% produksi kakao nasional yang megukuhkan Indonesia sebagai ranking ke-3 di dunia dengan penghasilan produksi sekitar 720 ribu ton per tahun. Sulsel pun memiliki potensi rumput laut terbesar di Indonesia. Data Kementrian Kelautan dan perikanan (KKP) membenarkan bahwa Sulawesi Selatan merupakan salah satu produsen rumput laut terbesar di Indonesia. Bahkan produktifitas rumput laut di Sulawesi Selatan setiap tahunnya bisa mencapai sekitar 1,5 juta ton senilai US$ 1,9 juta. Dalam bidang pertanian, Sulsel dikatakan sebagai lumbung pangan nasional dengan rata-rata surplus beras 1.2 ton per tahun (makassar.antaranews.com. 2020).

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus berupaya mendorong kinerja ekspor. Pandemi Covid-19 tidak menghalangi perusahaan asal Sulsel memacu kinerja ekspor. Kementrian perdagangan di tahun 2020 mencatat ada 32 perusahaan asal Sulsel yang mengikuti kegiatan bertajuk “Pelepasan Ekspor Pasar Global” dengan peresmian oleh Presiden Joko Widodo. Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menjelaskan bahwa ekonomi Indonesia termasuk Sulsel dapat segera pulih dan kembali bergelora pada seluruh aspek. Kinerja ekspor Sulsel selama masa pandemi Covid-19 masih mampu bertumbuh di angka 11 persen (Sulawesibisnis. com, 2020).

Beberapa komoditas unggulan ekspor Sulsel diantaranya nikel, rumput laut, karagenan, udang segar dan mete kuas. Adapan negara tujuan ekspor komoditas tersebut diantaranya adalah Jepang, China, Amerika Serikat, Malaysia dan Vietnam (sulsel.bps.go.id. 2020). Merujuk pada penjelasan mengenai potensi Sulsel dalam memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di daerah maka STIE IBS mengadakan Webinar Nasional Kuliah Umum dengan tema “Dream Big: Unleash Your Potential. Menangkap Peluang Ekspor, From Local to Global”. Oleh karena itu, STIE Indonnesia Banking School dengan hormat mengundang Bapak Andi Sudirman Sulaiman, ST. selaku Wakil Gubernur Sulawesi Selatan dan Ibu Rosmaya Hadi selaku Deputi Gubernur Indonesia yang akan memberikan Opening Remarks dalam Webinar Kuliah Umum yang dilakukan secara daring melalui platform Video Conference (Zoom
Meeting).