Adrianus Mooy menyelesaikan studi Strata Satu (S.E.) di Universitas Gadjah Mada dan menyelesaikan pendidikan pascasarjana (M.Sc dan Ph.D) di bidang ekonomi dari Wisconsin University, U.S.A.

Beragam posisi penting telah dilalui oleh Prof. Adrianus Mooy selama karirnya di pemerintahan, antara lain sebagai Deputi Kepala BAPPENAS, Gubernur Bank Indonesia pada Tahun 1988 hingga 1993, dan sebagai di Tahun 1993 diangkat sebagai Duta Besar Uni Eropa. Selain karir pada birokrasi pemerintahan, Prof. Adrianus juga pernah mendapatkan amanah sebagai Anggota MPR selama 10 tahun.

Pada lembaga internasional di bawah Sekretaris Jendral PBB, Prof. Adrianus Mooy pernah dipercaya sebagai Sekretaris Eksekutif pada United Nations Economic and Social Commission for Asia and Pacific (UN-ESCAP) sejak Tahun 1995 - 2000. Selama periode Tahun 2004 – 2005 menjabat sebagai penasihat senior pada United Nations Support Facility for Indonesian Recovery (UNSFIR).

Setelah mengabdi sebagai akademisi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia selama lebih dari 20 tahun, gelar profesor bidang ekonomi diraih Tahun 1987. Selain di Universitas Indonesia, Prof. Adrianus juga merupakan penasihat senior pada Universitas Pelita Harapan Karawaci, serta pernah menjadi Rektor Universitas Pelita Harapan Surabaya. Saat ini, Prof. Adriaus aktif sebagai Honorable Faculty Member di STIE Indonesia Banking School dan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia.

Selain di dunia kampus, Profesor Adrianus masih aktif di dunia praktis, dengan menjadi Presiden Komisaris pada Nobu National Bank, serta pendiri sekaligus penasehat Strategic Asia, sebuah perusahaan konsultan swasta.