Profesor Djoko meraih gelar Sarjana S1 hingga S3 di bidang ekonomi dari UGM. Gelar akademisi ini juga telah diperkaya dengan berbagai program pendidikan professional lanjutan antara lain melalui, Program for Senior Executive di Sloan School of Management, MIT USA (1983), Organizational BehaviourI di The Morgan Guarantee, Princeton USA (1987), Organizational BehaviourII di The Morgan Guarantee, Princeton USA (1988), dll.

Sebagai akademisi, Djoko Santoso merupakan Guru Besar di Universitas Muhamadiyah Surakarta. Aktif sebagai pengajar dan pelatih serta dosen penguji dengan bidang perbankan dan pengembagan SDM, baik di LPPI, UGM, SUSPIM Telkom, Pertamina, Jamsostek, UI, UNPAD, dan IPB. Selain berbagai karya scientific paper di forum dalam dan luarnegeri, belasan buku ilmiah juga telah ditulis oleh Djoko, dengan sebaran tema mulai dari Kepemimpinan, Budaya Organisasi, BUMN, dan Human Capital.

Sertifikasi CBA (Certified Behaviour Analyst) merupakan buah dari karir panjangnya di dunia praktis baik perbankan maupun non-perbankan. Karir profesional Profesor Djoko diawali sebagai Asisten Finansial-Ekonomi PN. Garam padaTahun 1966, yang kemudian dilanjutkan sebagai PNS di Dirjen Bea &Cukai (1967-1971). Karir ini berlanjut di sektor perbankan, dengan diawali sebagai pegawai di Bank Ekspor Impor Indonesia pada Tahun 1971 hingga mencapai jabatan Direktur Bank Ekspor Impor Indonesia (1986-1992) dan Direktur Bank Rakyat Indonesia (1992-1993), serta selaku Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Tahun 1993-2000.

Penghargaan tingkat tinggi yang telah diterima antara lain, Penghargaan dari Presiden RI sebagai Penyelenggara Pertemuan para Pemimpin Kerjasama ekonomi Asia-Paasifik (APEC) Tahun 1994 dan Bintang Satya Lencana Pembangunan Tahun 1988, serta penghargaan masyarakat berupa Bintang Bhakti BudayaTahun 2006 dari LPKJ (Lembaga Pengembangan Kebudayaan Jawi).