IBS Gelar Webinar Sinergi Kebijakan Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

JAKARTA – Bank Sentral bersama lembaga-lembaga lain dalam Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KKSK) telah melakukan langkah-langkah kebijakan untuk meredam dampak buruk krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 ke dalam Sistem Keuangan. Hal ini terkait makin meluasnya dampak Covid-19, yang mempengaruhi semua aspek kegiatan manusia, termasuk kegiatan ekonomi.

Lembaga-lembaga ekonomi dunia, seperti IMF dan World Bank meramalkan perekonomian dunia akan menuju resesi, yang bisa berujung krisis ekonomi dan pasar keuangan. Termasuk dengan Indonesia. IMF dan Bloomberg Median memproyeksikan ekonomi Indonesia tumbuh 0,5%, sementara ADB memproyeksikan lebih tinggi, yaitu 2,5%.World Bank memproyeksikan ekonomi Indonesia akan stagnan, dengan worst-best scenario berkisar antara -0,4% sampai 2,3%.

Untuk mengetahui respons kebijakan Bank Indonesia dalam penanganan Pandemi Covid-19, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indonesia Banking School (IBS) menggelar webinar nasional dengan menghadirkan Gubernur Bank Indonesia Perrry Warjiyo SE., MSc., PhD, sebagai perumus dan pelaksana kebijakan sistem pembayaran, yang akan sangat berperan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan dan perekonomian Indonesia, Jumat, 24 Juli 2020.

“Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan penurunan tajam pada pertumbuhan ekonomi dan bisa berpotensi pada penurunan stabilitas sistem keuangan Indonesia.Bank Indonesia tentunya telah menyiapkan langkah-langkah antisipatif berupa Kebijakan Sistem Pembayaran untuk menjaga stabilitas Sistem Keuangan dan perekonomian Indonesia, yang diharapkan bisa dipaparkan dalam Webinar ini,” ungkap Ketua IBS Dr. Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono, S.H., LL.M.

Webinar dimoderatori oleh Dr. Rozi A. Sabil, SE, SPd.,MBA,Fin, Direktur Program Pascasarjana Magister Manajemen STIE Indonesia Banking School. Sivitas akademika IBS berharap agar seluruh peserta webinar mendapatkan deep insight dari tangan pertama tentang bagaimana kebijakan itu dirumuskan dan diterapkan, sebagai langkah antisipasi untuk meredam dampak Pandemi Covid 19 dan menjaga stabilitas ekonomi makro dan sistem keuangan.

Dalam Webinar akan dibahas, selain Kebijakan Sistem Pembayaran, Bank Indonesia juga telah mengambil kebijakan Quantitative Easing (QE) yg telah dapat membuat ekonomi kita relatif stabil baik dari sisi inflasi, Balance of Payment, Cadangan Devisa, serta pertumbuhan ekonomi dari sisi konsumsi. Paparan tentang penerapan kebijakan ini tentunya merupakan bahan pembelajaran yang sangat berharga bagi peserta Webinar ini.

Pemaparan Materi bisa di lihat Youtube Channel Indonesia Banking School