Ini “Infrastruktur Langit” yang Diyakini Ma’Ruf Bakal Tumbuhkan Ribuan Startup

Penulis : Yoga Sukmana
Editor : Erlangga Djumena

Copyright: www.kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) Minggu (17/3/2019) malam, banyak istilah yang disampaikan oleh Ma’ruf Amin maupun Sandiaga Uno.

Salah satunya yang menarik perhatian yakni istilah Infrastuktur Langit yang disampaikan oleh Ma’ruf Amin saat membahas topik tenaga kerja. Bahkan istilah itu sempat membuat beberapa orang yang hadir di ruang debat tertawa.  Lantas apa sebenarnya Infrastuktur Langit yang dimaksud oleh Ma’ruf Amin?

“Infrastruktur langit adalah melalui Palapa Ring, mengenai infrastuktur digital,” ujarnya dalam debat cawapres. “Sehingga tumbuh usaha-usaha seperti startup, bahkan juga unicorn, bahkan mungkin juga sebentar lagi akan ada juga decacorn,” sambung dia. Ma’ruf bahkan meyakini infrastuktur langit tersebut bisa menumbuhkan 3.500 startup hingga 2024 mendatang.

Berdasarkan situs Kementerian Komunikasi dan Informatika, Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Apa manfaatnya? Pembangunan infrastruktur Palapa Ring digunakan untuk menyediakan layanan komunikasi berkecepatan tinggi. Tak hanya di perkotaan, bahkan juga di desa dan pulau terpencil.

Dengan layanan komunikasi tersebut, diyakini akan membuat masyarakat kian mudah mengakses internet sehingga tumbuh perusahaan-perusahaan rintisan. Proyek pembangunan telekomunikasi Palapa Ring di mulai pada 2016. Pembangungan dilakukan mulai dari Indonesia bagian barat hingga bagian timur. Saat ini Palapa Ring Barat telah selesai 100 persen dengan panjang panjang fiber optik 2.995 kilometer, Palapa Ring tengah mencapai 99 persen dengan 2.995 kilometer dan pembangunan fiber optik Timur baru selesai 89,57 persen.

Back