Ini Untung Ruginya Belanja Pakai Paylater

Jakarta – Pada era digital seperti saat ini bermunculan beragam sistem pembayaran atau produk jasa keuangan yang bisa dikatakan memudahkan masyarakat berbelanja. Kini sistem pembayaran tak lagi hanya bergantung pada kartu kredit perbankan meskipun eksistensinya masih ada.

Di era digital seperti sekarang ini, muncul juga fenomena paylater dari perusahaan financial technology (fintech) maupun startup lainnya yang memungkinkan masyarakat untuk membeli sesuatu, baik barang ataupun jasa dengan dicicil tanpa menggunakan kartu. Beberapa contoh fintech yang memiliki fitur paylater adalah Ovo PayLater, Kredivo. Ada pula startup di bidang jasa yang mengeluarkan layanan paylater, seperti Traveloka yang mengeluarkan fitur Traveloka PayLater. Berikutnya Gojek yang mengeluarkan Gojek PayLater.

Perencana Keuangan Finansia Consulting Eko Endarto menjelaskan bahwa dari segi kemudahan, paylater lebih unggul dibandingkan kartu kredit perbankan. “Kita nggak bicara untung-rugi tapi bicara kelebihan dan kekurangan. Kelebihan paylater adalah tidak ada syarat yang terlalu rumit dibandingkan perbankan,” kata Eko saat dihubungi detikcom, Minggu (29/12/2019).

Mengapa demikian, karena kata dia biasanya paylater diberikan kepada masyarakat yang sudah berkali-kali melakukan transaksi di aplikasi digital tertentu. “Karena kan biasanya paylater dikasih untuk mereka-mereka yang sudah bertransaksi berkali-kali di aplikasi tertentu ya sehingga dikasih kemudahan untuk bayar belakangan walaupun sama-sama kena bunga juga sebenarnya,” sebutnya. Meskipun paylater lebih mudah dalam proses pengajuannya, Eko menganggap bunga cicilan kartu kredit lebih bersahabat. Terlepas dari itu, dia tidak mempermasalahkan masyarakat memakai kredit tersebut untuk keperluan apa saja, yang penting bisa mengendalikan penggunaannya.

(Trio Hamdani – detikFinance)