Introduction to Crypto and How it will Disrupt or Compliment to The Future of Digital Banking

Uang Digital (UD), sejatinya tidak sama dengan uang elektronik (UE). Uang Digital merupakan alat pembayaran yang hadir dalam bentuk digital menggunakan komputer atau dengan telepon cerdas yang terhubung dengan internet.

Di Indonesia, perkembangan uang digital belum mendapat tempat sebagaimana dengan uang elektronik atau uang giral. Uang Digital pada umumnya berkembang berkat adanya teknologi Kripto yang dikembangkan oleh Chaum pada tahun 1982 dalam proposal pertama protocol Blockchain. Pada tahun 2008, Satoshi Nakamoto mengembangkan Cryptocurrency Bitcoin dengan basis teknologi blockchain. Pada tahun 2009 Bitcoin (BTC) pertama kali ditansaksikan, hingga akhirnya Bitcoin menjadi mata uang digital yang sangat populer di perdagangkan.

Pengelolaan transaksi keuangan adalah bagian dari sistem perbankan, khususnya dalam penyelesaian transaksi keuangan, Dengan berkembangnya information computer technology kalangan perbankan juga  mengembangkan perbankan digital (digital banking) agar tidak terdistorsi. Dalam kaitan dengan berkembangnya mata uang digital terhadap perbankan digital, maka kajian mengenai kripto adalah sesuatu yang sangat menarik untuk dibahas dalam Webinar IBS. Berdasarkan paparan ini, maka IBS mengundang narasumber Bapak Jeth Soetoyo BSc., MBA., CEO PINTU yang kesehariannya bergelut sebagai praktisi Kripto, dapat berbagi ilmu dan wawasan akan perkembangan kripto saat ini dan dimasa mendatang dalam konteks perbankan digital.   Adapun tema Webinar Nasional ini “Introduction to Crypto and How it will Disrupt or Compliment to The Future of Digital Banking”.

Materi : Download Here