Sejarah Pusat Karir Indonesia Banking School



A. Sejarah Pusat Karir Indonesia Banking School

1.1. Pendahuluan

            Sampai dengan saat ini  Indonesia Banking School telah mewisuda sarjana strata satu (S1) sebanyak 967 orang. Alumni  Indonesia Banking School sudah bekerja di berbagai bidang, terutama keuangan, perbankan, bahkan beberapa alumni sudah ada yang memiliki bisnis sendiri. Pada tahun 2010 berdasarkan Surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 98/D/O/2010, Indonesia Banking School diberi ijin menyelenggarakan program studi S2 Magister Manajemen. Tahun 2013 prodi MM, mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT. Program Studi Magister Manajemen sudah meluluskan sebanyak 34 orang. Dengan demikian jumlah keseluruhan alumni  Indonesia Banking School sebanyak 1001 orang.

             Indonesia Banking School menjalin kerjasama (networking) dengan berbagai institusi, terutama yang erat kaitannya dengan bidang keuangan dan perbankan. MOU yang sudah terjalin meliputi kerjasama dengan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Bentuk kerjasama lainnya antara lain dengan:  Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat Indonesia, Bank BCA Syariah, Panin Syariah, Bank Danamon Indonesia, BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Mega Syariah, BTPN Syariah, Bukopin, Bank DKI.

Indonesia Banking School berkeinginan untuk meningkatkan mutu dalam mencetak sumber daya lulusan yang unggul, oleh karena itu Pusat Karir sebagai lembaga yang akan menjembatani  Indonesia Banking School dengan dunia kerja mempunyai peran yang sangat strategis. Walaupun  Indonesia Banking School telah bekerja sama dengan beberapa bank dan institusi lainnya, namun kerjasama tersebut belum dimanfaatkan dengan baik terutama dalam hal perekrutan dan penyaluran alumni untuk bekerja di bank atau institusi yang telah menandatangani kesepakatan tersebut. Hal ini disebabkan salah satunya oleh belum adanya unit/lembaga yang mengkoordinir dan menindaklanjuti nota kesepahaman tersebut terutama dalam hal perekrutan dan penyaluran alumni untuk bekerja.

Adapun struktur organsisasi pusat karir kewenangannya ada di bawah Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni,  dikelola oleh seorang kepala seksi pusat karir ditambah staf yang bertugas membantu operasionalisasi untuk menjalankan roda organisasinya. Tujuan dari pendirian Pusat Karir  Indonesia Banking School adalah :

1.      Menyediakan informasi lowongan kerja bagi mahasiswa tingkat akhir dan alumni

2.      Membantu memfasilitasi proses rekrutmen tenaga kerja bagi lembaga yang membutuhkan

3.      Meningkatkan kesiapan lulusan agar lebih kompetitif saat bersaing memperoleh kesempatan kerja.

Sebagai implikasinya, diharapkan  Indonesia Banking School dapat menyiapkan lulusannya agar mampu bersaing di bursa kerja yang makin kompetitif sebagai wujud upaya peningkatan kebekerjaan (employability) lulusan.


 

1.2.  Struktur Organisasi Pusat Karir

            Penanggungjawab Pusat Karir  Indonesia Banking School adalah Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, dan sebagai pelaksana operasionalnya dipimpin oleh seorang Kepala Seksi. Kepala Seksi Pusat Karir dan Alumni bertanggungjawab kepada Kepala Bagian Pusat Karir, Kemahasiswaan dan Alumni sebagai atasannya langsung.

Deskripsi tugas dan tanggung jawab sesuai dengan struktur organisasi Pusat Karir  Indonesia Banking School disampaikan sebagai berikut :

a.      Penangggung Jawab Pusat Karir

Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, sebagai penanggung jawab pusat karir, bertugas merumuskan kebijakan, memberikan tugas dan arahan kepada koordinator dan semua jajarannya dalam rangka mengoptimalkan fungsi pusat karir.

b.      Koordinator

Koordinator mempunyai tugas mengkoordinasikan bagian-bagian di bawah wewenangnya ataupun koordinasi dengan bagian/bidang lainnya untuk mendukung kelancaran operasional pusat karir, serta memantau pelaksanaan program kerja dan kegiatan pusat karir.

c.       Kepala Bagian Kemahasiswaan, Pusat Karir dan Alumni

Kepala Bagian Kemahasiswaan, Pusat Karir dan Alumni mempunyai tugas menyusun rencana kerja dan program kerja pusat karir sebagai pedoman pelaksanaan tugas kepala seksi dan staf dalam pelaksanaan kegiatan-kegitan pusat karir. 

d.      Kepala Seksi Pusat Karir dan Alumni  

Deskripsi tugas dari kepala seksi pusat karir adalah sebagai kepala pelaksana dalam menjalankan operasional pusat karir adalah sebagai berikut :

1. Mengelola dan mengembangkan pusat karir ;

2. Menyelenggarakan kegiatan sesuai rencana dan program kerja;

3. Membina, mengelola dan memelihara hubungan dengan pihak industri (perusahaan)

4. Menjaring data alumni dan proses rekruitmen kampus;

5. Bertugas sebagai penghubung kampus dengan alumni;

6. Menyusun laporan pelaksanaan program kerja.

e.       Staf Administrasi dan Pelayanan

Deskripsi tugas staf administrasi dan pelayanan pusat karir adalah melaksanakan kegiatan pelayanan, penyediaan fasilitas dan layanan administrasi, sesuai ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran operasional pusat karir. Tanggung jawab utamanya adalah melaksanakan kegiatan surat-menyurat, dokumentasi dan pengarsipan, untuk memastikan dukungan administrasi bagi kelancaran kegiatan pusat karir.

f.       Staf Pengelola Data dan Website

Deskripsi tugas staf pengelolaan data dan website adalah:

1.      melaksanakan kegiatan pengelolaan website pusat karir, 

2.      mengelola data alumni dan update profil alumni,

3.      menyajikan data dan angka sebagai bahan analisa untuk menentukan kebutuhan pengembangan profil alumni.

            Untuk lebih jelasnya mengenai personalia dan struktur organisasi pusat karir  Indonesia Banking School dapat dilihat pada gambar 3.1 berikut ini:

Gambar 3.1.

Struktur Organisasi Pusat Karir  Indonesia Banking School






 



1.3. Aktivitas dan Penjadwalan

1.      Menyelenggarakan program pelatihan bagi calon lulusan  Indonesia Banking School sesuai tuntutan dunia kerja dan program peningkatan kompetensi yang meliputi:

·         Pemberian fasilitas bagi mahasiswa tingkat akhir dan lulusan untuk menempuh program sertifikasi profesi.

·         Program pelatihan bagi mahasiswa guna memenuhi dan mempersiapkan tuntutan dunia kerja, terdiri dari:

a.      Job recruitment and selection training

b.      Job seeking strategy training

c.       Job interview training

d.      Work attitude training

e.       Career jam session

2.      Menyelenggarakan program bursa kerja untuk mempertemukan lulusan  Indonesia Banking School dengan penyedia kerja yang meliputi,

·         Program rekrutment di kampus (campus hiring) yang diselenggarakan secara rutin,

·         Program kerjasama dengan dunia kerja untuk memberikan gambaran kebutuhan formasi dan kriteria karyawan yang dibutuhkan.

3.      Menyelenggarakan konseling kerja dan karir yang meliputi,

·         Layanan bimbingan karir guna meningkatkan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan,

·         Layanan informasi dunia kerja dan info lowongan kerja.

·         Layanan informasi kompetensi lulusan setiap program studi,

·         Layanan rekrutmen (layanan pendataan & pengiriman aplikan pelamar kerja dan seleksi pelamar di kampus),

4.      Mempersiapkan pelaksanaan monitoring dan dan benchmarking lulusan  Indonesia Banking School guna mendukung:

·         Penyusunan dan penyesuaian kurikulum yang mengedepankan kompetensi soft skill dan kebutuhan dunia kerja.

·         Layanan sertifikasi profesi yang sesuai dengan dunia kerja

5.      Memfasilitasi berdirinya forum komunikasi bagi alumni  Indonesia Banking School.