24 Agustus 2016

MENINGKATKAN KUALITAS PENGAJARAN

Dalam rangka peningkatan keterampilan dan pengetahuan dosen saat mengajar, Kampus Indonesia Banking School menggelar kegiatan Workshop Metode Presentasi. Bertempat di Ruang kelas Kampus IBS, workshop ini diikuti oleh sejumlah dosen dan terselenggara pada hari Jumat, (19/8).


Ketua IBS Dr. Subarjo Joyosumarto, SE., MA mengisi materi, beliau menyampaikan metode presentasi dari referensi antara lain:

  1. Timothy J. Koegel, The Exceptional Presentation, Greenleaf Book Group Press, 2007
  2. Patrick Collins, Speak with Power and Confidence, Sterling New York, 2009
  3. Ros Jay and Antony Jay, Effective Presentation, Prentice Hall Business, London, 2004
  4. Judith Humprey, Speaking as a leader, John Wiley & Sons, Canada, 2012
  5. Jeremy Donovan, How to Deliver A TED Talk, McGrawhill Education, New York, 2014

dengan metode yang terdapat pada referensi dipaparkan berbagai contoh bagaimana cara suksesĀ  presentasi. Dengan diterapkan untuk penyampaian ke mahasiswa nantinya akan lebih aktif dan tercipta suasana pemebelajaran yang interaktif.


Pelatihan ini bersifat skill full development sehingga dapat meningkatkan keterampilan mengajar dosen. Pada metode presentasi dan pembelajaran studi kasus ini lebih cocok karena dekat dengan aplikasi di perusahaan maupun masyarakat. Jadi, mahasiswa telah mengetahui bentuk aplikasi ilmu dari kasus yang dipelajari.


Case yang digunakan adalah riil case yang pernah dialami oleh perusahaan atau orang tertentu. Kita dapat merefleksikan beberapa kasus dari pengalaman orang lain. Pembelajaran yang diterapkan identik dengan diskusi. Sasaran pembelajaran sangat bergantung pada dinamika diskusi di kelas. Dengan metode kasus, mahasiswa ikut berpikir, menganalisis, berpendapat, berdebat, dan mempertanyakan.