18 Oktober 2017

SEKOLAH PASAR MODAL

 





Untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang investasi dan bagaimana cara berinvestasi yang baik dan benar, UKM Galeri Investasi STIE Indonesia Banking School menyelenggarakan suatu kegiatan yaitu Sekolah Pasar Modal dengan tagline “Cerdas Berinvestasi”. Kegiatan ini merupakan suatu media bagi Mahasiswa/i khususnya jurusan ekonomi untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam mengembangkan ilmu management terutama dalam bidang investasi.


Sekolah Pasar Modal (SPM) adalah kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan oleh UKM Galeri Investasi bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam rangka hari investor sedunia yang jatuh pada tanggal 6 September 2017. Pada sesi pertama atau SPM level 1 peserta diberikan informasi tentang cara berinvestasi serta mekanisme transaksi saham dengan menggunakan Mandiri Sekuritas. Pada sesi kedua atau SPM level 2 adalah workshop Investasi Saham yang diperuntukan bagi peserta yang telah menjadi investor saham di pasar modal  Indonesia. Untuk mengikuti SPM level 1 dan 2 peserta dikenakan biaya Rp.100.000,- (seratus ribu rupiah) yang akan dikonversikan menjadi modal awal peserta untuk memulai investasi saham (biaya SPM dikembalikan kepada peserta dalam bentuk modal untuk investasi ).


Tujuan kegiatan ini mengajarkan mahasiswa untuk mengetahui dan mempunyai kartu akses atau trading confirmation untuk transaksi saham, dan  mengetahui cara menganalisa fundamental teknikal, untuk informasimarket update serta pengenalan Reksa Dana sebagai pengetahuan teknis dalam berinvestasi. Para mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan mengharapkan kegiatan seperti ini dapat dijadikan kegiatan rutin sehingga lebih banyak lagi mahasiswa yang dapat menambah pengetahuan dan wawasannya mengenai tat acara berinvestasi dipasar modal.  



Kembali