6 Juni 2017

 

PERKEMBANGAN FINTECH DAN PERBANKAN NASIONAL

 

Perkembangan teknologi dan Industri jasa keuangan nasional sangat membutuhkan kerja sama yang erat dalam manajemen perubahan sebagai upaya menghadapi perubahan-perubahan sosial seiring pesatnya perkembangan teknologi. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad dalam acara Kuliah Umum di kampus Indonesia Banking School, Jumat (2/6/2017).

 

 


"Dalam konteks industri keuangan, kami ingin kita semua bisa merespons perubahan sebaik-sebaiknya," kata Muliaman. Berkembangnya teknologi secara langsung melahirkan beberapa layanan keuangan berbasis teknologi, jika tidak direspon dengan baik, maka perubahan tersebut akan menjadi kendala bagi bisnis industri keuangan yang sudah ada. Salah satu yang harus direspon dengan cepat adalah sudah adanya Financial Technology (Fintech) yang bisnis usahanya sudah mampu menyaingi layanan industri keuangan perbankan, mulai dari pinjaman dan lainnya.           
Muliaman mengatakan, industri perbankan juga harus mampu menyediakan layanan-layanan yang berbasis teknologi kepada para nasabahnya seperti Finctech pada umumnya. Menurut Muliaman, perbankan dalam negeri khususnya BUMN menjadi yang paling siap dalam menyediakan layanan berbasis digital teknologi.        

 

 


"Bank-bank sekarang coba mencontoh dirinya dengan ini kerja sama Gojek dan Blue Bird yang saya kira itu bisa beri inspirasi” tambahnya. Muliaman mengatakan, perkembangan teknologi jika tidak dikelola atau direspon dengan cepat akan menjadi kendala bagi industri keuangan nasional. Pasalnya, perkembangan teknologi melahirkan layanan keuangan berbasis digital.         

 

 


 

 

Acara dilanjutkan penandatangan MOU dengan IBS dalam kerja sama penelitian, pengajaran, pengabdian masyarakat dan di bidang sosialisasi kepada civitas akademika dan masyarakat dilakukan antara lain melalui kegiatan bersama berupa penyuluhan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Lembaga Jasa Keuangan.
Untuk informasi lebih lanjut dapat diunduh materi dibawah ini.


Materi :

Materi

Video :

Video