10 April 2015

Kegiatan Sosialisasi Membuang Sampah yang PASTIGO (PAS3)

Jakarta – Tergerak atas kesadaran pentingnya akan kebersihan lingkungan, Kodam Jaya bekerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta dan juga melibatkan Pemerintah Daerah DKI Jakarta menggagas Program Pengabdian Masyarakat yang diberi nama Program Ciliwung Bersih, Sehat dan Indah. Sebelumnya Kodam Jaya beserta para anggotanya telah terlebih dahulu terjun langsung membersihkan tumpukan sampah yang telah menggunung di sungai ciliwung, kegiatan pembersihan ini sudah dilakukan Kodam Jaya sejak bulan Desember 2014, dimulai dari wilayah Jakarta Selatan sampai dengan Jakarta Barat.

Selain kegiatan dalam bentuk membersihkan tumpukan sampah, Kodam Jaya juga merasa perlu adanya sosialisasi mengenai budaya untuk membuang sampah yang baik kepada warga di sekitar bantaran sungai ciliwung, maka dari itulah Kodam Jaya mengajak serta beberapa perguruan tinggi swasta salah satunya Indonesia Banking School (IBS) untuk membantu kegiatan sosialisasi tersebut.

Kegiatan pengabdian Masyarakat tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 8 Maret 2015. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua IBS, Bapak Dr. Subarjo Joyosumarto dan melibatkan beberapa Dosen, Mahasiswa dan Karyawan IBS yang terbagi menjadi lima kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari lima mahasiswa, dua dosen sebagai pembimbing dan satu karyawan sebagai pendamping.

Kegiatan dimulai dengan apel kesiapan yang berlangsung di Lapangan Kodam Jaya, Cililitan, hadir sebagai pembina upacara, Panglima Kodam Jaya/Jayakarta, Bapak Mayjen TNI Agus Sutomo. Selanjutnya mahasiswa dan dosen yang sudah terbagi ke dalam kelompok-kelompok diterjunkan langsung ke masyarakat di wilayah Cililitan, Cawang dan Jatinegara. IBS mengemas kegiatan sosialisasi tersebut dalam judul “Sosialisasi Membuang Sampah yang PASTIGO (PAS3)”. PASTIGO (PAS3) maksudnya di sini adalah 1) Patuh Pada Peraturan Sesuai dengan PERDA; 2) Ajak dengan ramah anak, tetangga, sahabat dan keluarga untuk berbuat positif; 3) Sama-sama senang melihat lingkungan yang bersih dan indah dipandang mata.

Dengan diadakannya sosialisasi ini, diharapkan agar warga dapat membudayakan membuang sampah yang baik dan pada tempatnya agar lingkungan senantiasa bersih sehingga dapat tercapainya tujuan untuk menciptakan Sungai Ciliwung yang Bersih, Sehat dan Indah.





Kembali