10 Juni 2015

Pelatihan Sistem Keuangan bagi Pelaku UKM dan Pengelola Gerai Kecamatan Cilandak

Jakarta – Minggu, 14 Juni 2015, P3M Indonesia Banking School (IBS) bekerja sama dengan Commonwealth Bank Indonesia mengadakan kegiatan Sosialisasi Hidup Sehat dan Pengobatan Gratis di RW. 08 Tanah Rendah, Kampung Melayu, Jakarta Timur.

Acara dilakukan di Aula Lantai dua Kantor Kecamatan Cilandak, Jl. Muhasim Raya No. 1, Jakarta Selatan. Kegiatan ini merupakan kerjasama IBS dengan warga, diselenggarakan pada tanggal 4-5 Juni 2015 dimulai pukul 09:00 hingga 15:00 WIB.

Direktur P3M, Dr. Surachman Surjaatmadja menyampaikan bahwa kedua belah pihak memiliki tujuan sama-sama belajar. Para dosen IBS mendapatkan pengalaman mengenai cara meningkatkan pendapatan keluarga melalui UKM. Sedangkan anggota UKM dapat belajar mengenai pengelolaan sistem dan manajemen keuangan.

Ibu Nova Novita, SE.Ak., MS.Ak membawakan materi hari pertama mengenai Perhitungan Harga Pokok Produksi dan Pengelolaan persediaan. Pada sesi kedua Ibu Vidiyanna Rizal Putri, M.Si memberikan materi Perhitungan Titik Pulang Pokok dan Penentuan Harga Jual. Selanjutnya pada sesi ketiga Ibu Dr. Nelmida menjelaskan materi Penyusunan Laporan Arus Kas. Pada sesi terakhir Bapak Edi Komara, M.Si, menyampaikan materi Pembuatan Laporan Keuangan. Pelatihan hari pertama ini diikuti oleh 30 peserta.

Pada hari kedua pelatihan diikuti oleh 15 peserta terdiri dari pengelola gerai di Kecamatan Cilandak. Bapak Soelaeman Rasyid, SE., MM dengan materi Membangun Jiwa Enterpreneurship, Bapak Zulfison, S.Ag., MA mengisi materi Motivasi dan Menggali Potens, dan penutup oleh Bapak Hartri Putranto, SE., MM dengan materi Optimalisasi Pemanfaatan Gerai.





Kembali