Download Materi

“Merancang Ecosystem Startup Berbasis Teknologi Digital Untuk Berkontribusi Pada Ekonomi Nasional”

Kawasan Asia Pasifik memegang peranan penting dalam masa transisi untuk masa depan pembangunan ekonomi dan sosial yang berkelanjutan. Dalam konsep SDG’s, terdapat 3 pilar utama yaitu, Pilar sosial terdiri atas: Pemerataan, Kesehatan, Pendidikan, Keamanan dan Perumahan. Sedangkan Pilar ekonomi adalah: Struktur Ekonomi, Pola Konsumsi dan Produksi. Pilar Lingkungan adalah: Atmosfir, Tanah, Pesisir dan Laut, Air Bersih dan Keanekaragaman Hayati. Meskipun di tengah pandemi Covid-19, UNESCAP akan melanjutkan peran aktif  dalam mendorong implementasi berbagai kesepakatan global dan regional, khususnya tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Dampak penyakit virus korona terhadap aspek keberlanjutan sosial tidak hanya sebatas SDG 1 (Tidak ada kemiskinan) dan SDG 2 (Tanpa kelaparan), di samping aspek pencapaian pendidikan yang universal; meningkatkan kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan, mengurangi kematian anak,, meningkatkan kesehatan maternal, membasmi HIV, malaria, dan penyakit lainnya. Menjamin keberlanjutan lingkungan. dan mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan dan kependudukan. Selain itu, pandemi  mengajarkan kita untuk tetap memperkuat sosial-ekonomi dalam arti ekonomi tetap berjalan, diharapkan GDP (Gross Development Product) juga tetap melaju walaupun akselerasinya melambat, dengan senantiasa tetap menjaga kelestarian lingkungan sebagai sumber produksi dari kegiatan ekonomi. Ketidaksetaraan dan ketidakpastian di masa depan akibat covid 19 ini juga berakibat kepada masalah ketenagakerjaan (employment). Upaya meredam penyebaran covid 19 di Indonesia melalui PSBB, PSBB transisi atau pengetatan kegiatan masyarakat seperti PPKM, dsb. 

Berdampak pada kegiatan ekonomi terutama sektor riil, dampaknya pada tenaga kerja sangat terasa sekali. Jutaan orang tidak memiliki jaminan pendapatan, tidak ada asuransi untuk pengangguran atau kompensasi akibat sakit dan tabungan yang mereka miliki sangat terbatas, sehingga kondisi kehidupanya akan diperburuk oleh pandemi. Oleh karena itu UNESCAP akan terus berupaya mendorong kestabilan ekonomi dan sosial di asia pasifik, khususnya dengan terus mendukung SDG’s, mendorong Pertumbuhan GDP, mengurangi pengangguran (unemployment) dan tetap mengurangi kemiskinan (proverty), sesuai pilar-pilar  SDG’s. Hal ini akan dipaparkan oleh Prof. Armida Salsiah Alisjahbana, SE., M.A., Ph.D, sebagai Sekretaris Eksekutif ESCAP.