Program Studi

Akuntansi

VISI

“Menjadi Program Studi Akuntansi yang unggul pada bidang Akuntansi, Bisnis, Keuangan dan Perbankan di ASEAN pada tahun 2025. ”

MISI 

Melalui Tridharma Perguruan Tinggi

  1. Menyelenggarakan Program Pendidikan di bidang Akuntansi, Bisnis, Keuangan dan Perbankan yang mempunyai nilai integritas, perluasan pengetahuan dan pengembangan keterampilan yang mampu bersaing di kawasan ASEAN pada tahun 2025.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan pengetahuan akuntansi, bisnis, keuangan dan perbankan di tingkat nasional dan kawasan ASEAN.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan keilmuan akuntansi khususnya di bidang akuntansi, bisnis, keuangan dan perbankan serta pengelolaan lembaga guna meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat.
  4. Menjalin kerja sama yang sinergis dengan berbagai lembaga dalam negeri dan kawasan ASEAN

Testimonials

“Program invitasi ini membantu kita untuk mengetahui minat kitadalam bidang apa, kita juga mengetahui proses-proses yang dilakukan oleh BI dalam menjalankan aktivitas/kegiatan dalam setiap fungisnya.”

Nesya Agrely Pillay (Akuntansi 2016)

Program Invitasi: Bank Indonesia, Surabaya
21 Januari – 1 Februari 2019

“Kegiatan invitasi di KPW Bank Indonesia Jawa Barat sangat bermanfaat bagi saya, terutama untuk melihat secara langsung bagaimana peran BI dalam menyusun regulasi.”

Rhesa Yasviandra Putra (Akuntansi 2015)

Program Invitasi: Bank Indonesia, Bandung

15 – 26 Januari 2018

Program ini dirancang untuk memberikan pengetahuan tentang struktur keuangan dalam bisnis dan perbankan. Kurikulum ini berpegangan pada tiga pilar standar yaitu: Konvergensi IFRS, PSAK, PSAK Syariah dan SAK ETAP. Selain diberikan pengetahuan tentang cara menyusun dan menganalisis laporan keuangan, para mahasiswa IBS juga diberikan kesempatan untuk dapat magang selama 1 semester di lembaga keuangan.

  1. Menghasilkan sarjana akuntansi berintegritas tinggi, berpengetahuan luas, kompeten, berwawasan kebangsaan, serta memiliki tingkat kepedulian tinggi pada lingkungannya
  2. Menghasilkan inovasi ilmiah berkelanjutan pada bidang akuntansi, keuangan dan perbankan yang diperhitungkan pada tataran nasional ,regional
  3. Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan keilmuan akuntansi khususnya di bidang keuangan dan perbankan serta pengelolaan lembaga guna meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat.
  4. Terjalinnya kerjasama sinergis yang saling menguntungkan antara PS Akuntansi dengan dunia usaha, industri keuangan perbankan serta Asosiasi dan komunitas dalam masyarakat  demi tercapainya tingkat kesejahteraan yang lebih baik. Mengembangkan sistem dan atmosfer akademik yang kondusif, dengan meningkatkan sarana dan prasarana berbasis teknologi.

Mata kuliah untuk program S-1 di bidang akuntansi diberikan sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai, yaitu:

  1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian mantap dan mandiri, serta memiliki tanggung jawab sosial dan kebangsaan, antara lain Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan.
  2. Mampu memahami pengetahuan dasar ilmu ekonomi dan manajemen yang merupakan ilmu yang harus dimiliki oleh akuntan, antara lain Pengantar Manajemen, Pengantar Bisnis, Pengantar Ekonomi, Pengantar Manajemen, Pengantar Bisnis, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Investasi.
  3. Mampu memahami perkembangan moneter serta dampaknya terhadap industri perbankan serta kegiatan bank, antara lain Kebanksentralan, Pasar Uang dan Lembaga Keuangan Bukan Bank, Pendanaan & ALMA, Perbankan Syariah, dan Manajemen Risiko Bank.
  4. Mampu menguasai teori akuntansi dan prinsip prinsip akuntansi bank dan produk produk finansial, menguasai teknis dan praktek akuntansi, auditing, analisis laporan keuangan, serta akuntansi manajemen dalam industri perbankan dan lembaga keuangan lainnya, antara lain Akuntansi, Akuntansi Bank, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keuangan, Pemeriksaan Akuntansi, Sistem Informasi Akuntansi dan Akuntansi Publik.
  5. Mampu menyusun laporan keuangan bank, merancang sistem informasi akuntansi bank, menganalisis kinerja dan kondisi keuangan bank, mengaudit laporan keuangan dan operasional bank, merancang sistem akuntansi bank untuk pengambilan keputusan, pengendalian dan pelaksanaan strategi bank melalui kerja praktek dalam Akuntansi Bank, Penyusunan Sistem Akuntansi Bank, Audit Bank dan Analisis Laporan Keuangan Bank.
  6. Mampu melaksanakan pengendalian dan pengawasan terhadap kegiatan usaha bank secara proaktif, antara lain Sistem Pengendalian Manajemen Bank, dan Sistem Pengendalian Internal Bank.
  7. Memiliki sikap profesional sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah, norma pemeriksaan akuntan, peraturan-peraturan Bank Indonesia yang berlaku untuk industri perbankan, termasuk SPFIB, antara lain Standar Akuntansi Perbankan Indonesia (PSAK 31), Pedoman Akuntansi Perbankan Indonesia (PAPI), dan Standar Profesi Fungsi Audit Internal Bank (SPFIB), termasuk Kode Etik Profesi Auditor.
  8. Mampu menerapkan prinsip-prinsip akuntabilitas yang berlaku bagi profesinya dalam kehidupan bermasyarakat sesuai dengan etika sosial, budaya dan hukum yang berlaku di Indonesia, antara lain Aspek Hukum dalam Ekonomi dan Perbankan, Hukum Pajak, dan Sistem Perpajakan.

Jalur Reguler

Untuk calon mahasiswa yang memiliki nilai rata-rata rapor SMA/SMK/Sederajat, dibawah 75 wajib mengikuti IBS Computer Based TEST (ICBT).

Walk-in ICBT: Senin-Jumat, pukul 09.00-14.30 dan Sabtu, pukul 09.00-14.30 (Kecuali hari libur)

Wawancara

Bagi para calon mahasiswa yang telah menyelesaikan tahapan administrasi baik melalui jalur prestasi maupun jalur reguler akan melanjutkan ke tahap wawancara. Dianjurkan agar mengikutsertakan orang tua/wali.

Daftar Sekarang!

Struktur Mata Kuliah

Semester 1

No Mata Kuliah
1 Pengantar Ekonomi Mikro
2 Pengantar Bisnis
3 Pengantar Akuntansi I
4 Bahasa Inggris I
5 Pendidikan Agama
6 Pendidikan Kewarganegaraan
7 Matematika Ekonomi

Semester 2

No Mata Kuliah
1 Pengantar Ekonomi Makro
2 Pengantar Akuntansi II
3 Pengantar Perbankan & Lemb. Keuangan Non Bank
4 Statistik
5 Hukum Bisnis dan Perbankan
6 Bahasa Indonesia
7 Pengantar Manajemen
8 Aplikasi Komputer Akuntansi

Semester 3

No Mata Kuliah
1 Akuntansi Keuangan Menengah I
2 Manajemen Keuangan
3 Akuntansi Biaya
4 Sistem Informasi Akuntansi
5 Pendanaan dan ALMA
6 Pengantar Perpajakan
7 Akuntansi Perbankan
8 Teori Ekonomi Mikro

Semester 4

No Mata Kuliah
1 Akuntansi Keuangan Menengah II
2 Akuntansi Manajemen
3 Perpajakan Menengah
4 Analisis Laporan Keuangan
5 Sistem Informasi Akuntansi II
6 Akuntansi Sektor Publik
7 Manajemen Perkreditan
8 Teori Ekonomi Makro

Semester 5

No Mata Kuliah
1 Akuntansi Keuangan Lanjutan I
2 Pengauditan
3 Bahasa Inggris III
4 Pengauditan Internal
5 Sistem Pengendalian Manajemen
6 Ekonometrika Terapan
7 Mata Kuliah Pilihan I :

  • Akuntansi Perbankan Syariah
  • Sistem Informasi Akuntansi Bank
  • Manajemen Investasi

Semester 6

No Mata Kuliah
1 Akuntansi Keuangan Lanjutan II
2 Kebanksentralan
3 Pengauditan II
4 Teori Akuntansi
5 Metodologi Penelitian – Akuntansi
6 Seminar Akuntansi
7 Mata Kuliah Pilihan II:

  • Manajemen Bank SyariahM
  • Akuntansi Forensik dan Investigasi Kecurangan
  • Akuntansi International

Semester 7

No Mata Kuliah
1 Magang

Semester 8

No Mata Kuliah
1 Perbankan Internasional
2 Manajemen Risiko Perbankan
3 Etika Bisnis dan Profesi Akuntan
4 Skripsi

Dosen Pengajar