preloder
S1 Manajemen Tentang2019-02-25T09:34:54+00:00

Program Studi

Manajemen

News & Events

VISI

“Menjadi Program Studi Manajemen yang Unggul pada bidang Manajemen,Keuangan, dan Perbankan di ASEAN pada tahun 2025.”

MISI 

  1. Menyelenggarakan program pendidikan di bidang manajemen, keuangan, dan perbankan yang mempunyai nilai integritas, perluasan pengetahuan dan pengembangan keterampilan yang mampu bersaing di kawasan ASEAN pada tahun 2025.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan manajemen, guna memberikan kontribusi pada perkembangan disiplin ilmu manajemen, serta manfaat praktis bagi dunia bisnis, keuangan dan perbankan di tingkat Nasional dan kawasan ASEAN.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan keilmuan manajemen khususnya di bidang keuangan dan perbankan serta pengelolaan lembaga guna meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat.
  4. Menjalin kerja sama yang sinergis dengan berbagai lembaga dalam negeri dan kawasan ASEAN.

Kuliah Umum Prospek Ekonomi Indonesia Tahun 2019

February 22 @ 8:00 am - 10:30 am

Follow our Instagram!

@himam_ibs

“Kegiatannya asik banget karena bisa dapat ilmu bagaimana praktek Bank Indonesia terutama dalam menjalankan kebijakan moneternya di daerah. Dan juga saya menambah ilmu tentang makro ekonomi.”

Putri Alysa Larasati (Manajemen 2016)
Program Invitasi: Bank Indonesia, Bandung

“Banyak pengalaman baru yang saya dapat di Bank Indonesia mulai dari pengalaman kerja dengan pegawai-pegawainya hingga bekal-bekal pelajarannya. Dalam program invitasi ini saya juga bisa belajar mandiri dan sangat mengasah skill dalam dunia pekerjaan.”

Ranjani Sabrina Mayangsari (Manajemen 2016)
Program Invitasi: Bank Indonesia, Jambi

Program ini mempunyai 3 konsentrasi yaitu Keuangan, Sumberdaya Manusia dan Pemasaran yang dirancang secara link and match dengan kebutuhan SDM di industri tenaga kerja untuk memberikan pemahaman tentang dunia bisnis, perusahaan dan perbankan. Lulusan IBS memiliki nilai lebih karena mengikuti program sertifikasi dan magang pada bank dan mendapat pelatihan teknis dan manajerial di bidang pengelolaan bank dan industri keuangan.

  1. Menghasilkan sarjana manajemen berintegritas tinggi, berpengetahuan luas, kompeten, berwawasan kebangsaan, serta memiliki tingkat kepedulian tinggi pada lingkungannya.
  2. Menghasilkan inovasi ilmiah berkelanjutan pada bidang manajemen, keuangan dan perbankan yang diperhitungkan pada tataran nasional, regional.
  3. Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan keilmuan manajemen khususnya di bidang keuangan dan perbankan serta pengelolaan lembaga guna meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat.
  4. Terjalinnya kerjasama sinergis yang saling menguntungkan antara Program Studi Manajemen dengan dunia usaha, industri keuangan perbankan serta Asosiasi dan komunitas dalam masyarakat demi tercapainya tingkat kesejahteraan yang lebih baik.
  5. Mengembangkan sistem dan atmosfer akademik yang kondusif, dengan peningkatan sarana dan prasarana berbasis teknologi.

Mata kuliah untuk program S-1 di bidang manajemen diberikan sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai,yaitu:

  1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian mantap dan mandiri serta bertanggung jawab sosial dan kebangsaan, antara lain Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan.
  2. Profesional dan berkomitmen untuk melaksanakan kode etik profesi, antara lain Etika Bisnis, termasuk Etika Bankir serta Kepemimpinan.
  3. Mampu menganalisis perekonomian Indonesia, ekonomi pembangunan dan khususnya dampak terhadap industri perbankan antara lain Pengantar Ekonomi, Teori Ekonomi, Pengantar Ekonomi Pembangunan, dan Perekonomian Indonesia.
  4. Mampu mengevaluasi perkembangan potensi ekonomi dan moneter, serta dampaknya terhadap industri perbankan dan keuangan pada umumnya, antara lain Kebanksentralan (termasuk ekonomi moneter), Manajemen Investasi, Pasar Uang dan Lembaga Keuangan Bukan Bank.
  5. Mampu memahami dan melaksanakan kebijakan dalam pengelolaan perusahaan pada umumnya, antara lain Pengantar Manajemen, Pengantar Bisnis, Manajemen Keuangan, Pemasaran, Manajemen Operasional, Manajemen Sumber Daya Manusia, Perilaku Organisasi, Akuntansi, Akuntansi Biaya, dan Sistem Informasi Manajemen.
  6. Mampu memahami dan menerapkan prinsip-prinsip pokok kegiatan usaha dan manajemen bank, antara lain Manajemen Perkreditan, Perbankan Syariah, Pendanaan & ALMA, Akuntansi Bank, Manajemen Risiko, dan Manajemen Keuangan Internasional.
  7. Mampu memahami dan memanfaatkan analisis kuantitatif yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan dalam mempelajari mata kuliah terkait, seperti Matematika Ekonomi, Matematika Bisnis, Statistik, dan Studi Kelayakan Bisnis.
  8. Mampu memahami dan memanfaatkan berbagai sarana komunikasi dan informasi, antara lain: Komunikasi Bisnis, Bahasa Inggris dan Aplikasi Komputer.

Jalur Reguler

Untuk calon mahasiswa yang memiliki nilai rata-rata rapor SMA/SMK/Sederajat, dibawah 75 wajib mengikuti IBS Computer Based TEST (ICBT).

Walk-in ICBT: Senin-Jumat, pukul 09.00-14.30 dan Sabtu, pukul 09.00-14.30 (Kecuali hari libur)

Wawancara

Bagi para calon mahasiswa yang telah menyelesaikan tahapan administrasi baik melalui jalur prestasi maupun jalur reguler akan melanjutkan ke tahap wawancara. Dianjurkan agar mengikutsertakan orang tua/wali.

Daftar Sekarang!

Struktur Mata Kuliah

Semester 1

No Mata Kuliah
1 Pengantar Ekonomi Mikro
2 Pengantar Bisnis
3 Pengantar Akuntansi I
4 Bahasa Inggris I
5 Pendidikan Agama
6 Pendidikan Kewarganegaraan
7 Matematika Ekonomi

Semester 2

No Mata Kuliah
1 Pengantar Ekonomi Makro
2 Pengantar Akuntansi II
3 Pengantar Perbankan & Lemb. Keuangan Non Bank
4 Statistik
5 Hukum Bisnis dan Perbankan
6 Bahasa Indonesia
7 Pengantar Manajemen

Semester 3

No Mata Kuliah
1 Teori Ekonomi Mikro
2 Kepemimpinan & Budaya Organisasi
3 Sistem Informasi Manajemen
4 Manajemen Keuangan
5 Manajemen Pemasaran
6 Manajemen SDM
7 Komunikasi Bisnis

Semester 4

No Mata Kuliah
1 Teori Ekonomi Makro
2 Teori Pengambilan Keputusan
3 Akuntansi Biaya
4 Ekonomika Manajerial
5 Kewirausahaan
6 Manajemen Bank Syariah
7 Manajemen Perkreditan

Semester 5

No Mata Kuliah
1 Perekonomian Indonesia
2 Bahasa Inggris II
3 Etika Bisnis
4 Perilaku Organisasi
5 Manajemen Operasional
6 Pendanaan dan ALMA

Semester 6

No Mata Kuliah
1 Kebanksentralan
2 Metodologi Penilitian Manajemen
3 Manajemen Strategik
4 Studi Kelayakan Bisnis
5 Ekonomika Terapan
6 Mata Kuliah Wajib Konsentrasi (salah satu)

Pemasaran : Pemasaran Jasa Bank
Keuangan : Keuangan Internasional
SDM : Perancanaan SDM
Syariah : Produk dan Jasa Bank Syariah I

7 Mata Kuliah Wajib Konsentrasi (salah satu)

Pemasaran : Komunikasi Pemasaran Terpadu
Keuangan : Manajemen Investasi
SDM : Manajemen Pengadaan SDM
Syariah : Pembiayaan

Semester 7

No Mata Kuliah
1 Magang

Semester 8

No Mata Kuliah
1 Mata Kuliah Wajib Konsentrasi (salah satu)

Pemasaran : Riset Pemasaran
Keuangan : Analisis Laporan Keuangan
SDM : Manajemen Pelatihan & Pengembangan SDM
Syariah : Produk dan Jasa Bank Syariah II

2 Mata Kuliah Wajib Konsentrasi (salah satu)

Pemasaran : Pemasaran Digital
Keuangan : Manajemen Risiko Perbankan
SDM : Manajemen Kinerja
Syariah : Pemasaran Syariah

3 Perbankan Internasional
4 Skripsi

Dosen Pengajar