Program Strata Satu (S1)

Reguler Pagi

Konsentrasi Program Studi S1 Manajemen:

  1. Manajemen Keuangan
  2. Manajemen Pemasaran
  3. Manajemen Sumber Daya Manusia

Bagi sebuah perusahaan, seorang sarjana manajemen selalu dibutuhkan peranannya. Seorang sarjana manajemen memiliki tantangan untuk mengelola bisnis agar dapat berjalan baik serta senantiasa bertumbuh sesuai dengan keinginan stakeholder. Apabila seseorang sebagai pemilik perusahaan dan merupakan seorang lulusan sarjana manajemen, maka dia akan mempunyai peran membuka kesempatan kerja bagi para pencari kerja. Peluang karir terbuka luas bagi sarjana manajemen. Pada tahun 2016, saat penerapan ASEAN Economic Community akan menambah peluang kerja di kawasan ASEAN. Kondisi tersebut merupakan tantangan baru sekaligus peluang bagi para sarjana manajemen agar dapat mengisi dan terserap di dunia kerja kawasan ASEAN.

Prodi Manajemen mempunyai tiga konsentrasi, yaitu: Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Mahasiswa dapat memilih konsentrasi sesuai dengan minat dan ketertarikan masing-masing.

Mahasiswa peminat konsentrasi manajemen keuangan akan memiliki kompetensi pengelolaan aset perusahaan, pengambilan keputusan investasi, pemilihan alternatif pembiayaan, pengelolaan risiko keuangan, serta berbagai teknik transaksi keuangan modern. Sedangkan bagi peminat konsentrasi manajemen pemasaran mempunyai kompetensi konsep, strategi dan praktek pemasaran. Para peminat konsentrasi sumber daya manusia akan mempunyai keahlian dan kompetensi tentang konsep dan penerapan pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan.

Lulusan IBS memiliki nilai lebih karena mengikuti program magang, baik pada bank maupun lembaga keuangan lain yang akan memberikan pengalaman pelatihan teknis dan manajerial di bidang pengelolaan bank dan industri keuangan.

Selengkapnya

Setiap perusahaan senantiasa memerlukan sarjana yang menguasai pengetahuan akuntansi, keuangan dan perbankan. Seorang sarjana bidang akuntansi akan mampu menganalisis pencapaian kinerja bisnis, melalui audit dan laporan keuangan. Sedangkan bagi pimpinan perusahaan, penguasaan ilmu akuntansi menjadi instrumen penting memahami efektivitas dan efisiensi proses bisnis.

Peluang karir terbuka luas bagi lulusan prodi akuntansi. Pada tahun 2016 saat penerapan ASEAN Economic Community dapat menambah peluang bekerja di kawasan ASEAN. Kondisi tersebut merupakan tantangan baru sekaligus peluang bagi para sarjana bidang akuntansi agar dapat mengisi dan terserap di dunia kerja kawasan ASEAN.

Kurikulum Program Studi (Prodi) Akuntansi IBS dirancang memberikan pengetahuan tentang struktur keuangan dalam bisnis. Kurikulum ini berpegangan pada tiga pilar standar akuntansi secara mendalam yaitu: konvergensi IFRS (International Financial Reporting Standards), PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan), PSAK Syariah dan SAK ETAP (Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik). Para mahasiswa diberi pengetahuan tentang cara menyusun dan menganalisis laporan keuangan. Kekhasan kurikulum Prodi Akuntansi adalah adanya muatan mata kuliah perbankan.

Pada saat merancang kurikulum tersebut IBS melakukan kerja bersama dan studi banding dengan institusi terkait. Ada beberapa lembaga yang sudah mempunyai jalinan hubungan secara formal yaitu: Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), Certified Public Accountant (CPA) Australia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, dan Perbankan. Setiap mahasiswa diberikan kesempatan melakukan kegiatan magang baik di Bank Indonesia, OJK maupun di perbankan baik konvensional ataupun syariah.

Program Studi S1 Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah :

  1. Keuangan Perbankan Syariah

Kebutuhan sumber daya manusia bagi industri keuangan dan perbankan syariah, terutama di era MEA semakin tinggi. Program studi ini bertujuan mencetak Sumber Daya insani yang unggul di bidang keuangan dan perbankan syariah di Indonesia sejak sekarang untuk menyambut era 2025. Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran yang inovatif, kreatif, berintegritas dan berakhlakul karimah di bidang keuangan dan perbankan syariah sangat ditekankan agar dapat memenuhi kebutuhan pasar dan dapat bermanfaat bagi masyarakat secara umum dan khususnya bagi industri keuangan syariah.

Selain hal di atas, mengasah skill dan kompetensi mahasiswa serta sinergitas selain pendidikan juga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menjadi hal yang mutlak agar mutu lulusan dapat berkualitas tinggi sehingga peluang karir terbuka lebar dan potensi untuk dapat diserap di dunia kerja cukup tinggi. Bagi dunia industri keuangan syariah, sarjana keuangan dan perbankan syariah, selalu dibutuhkan peranannya tidak hanya di sektor keuangan perbankan namun juga sektor ekonomi Islam secara umum. Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk lebih mumpuni dalam segala hal karena sesungguhnya sarjana ekonomi syariah dapat masuk ke semua lini. Knowledge tentang dua bidang ilmu baik ekonomi maupun dari sisi syariah muamalahnya juga sangat perlu di asah.

Prodi Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah yang baru saja diresmikan tahun 2016 ini fokus pada satu konsentrasi yaitu Keuangan dan Perbankan Syariah. Meski demikian, minat dan antusiasme mahasiswa sudah sangat terlihat semenjak prodi ini dirintis.

Program Studi Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah STIE IBS bertekad menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang ekonomi syariah, berjiwa relijius, mandiri, dan memiliki integritas sehingga dapat bekerjasama dan memberikan kontribusi di tingkat nasional dan menjalankan sistem pendidikan dengan memelihara tingkat mutu sesuai dengan kebutuhan industri keuangan syariah serta berupaya mewujudkan mahasiswa yang berfikir kritis, analitis berfokus pada riset serta dapat mengimplementasikan pengetahuan tentang ekonomi syariah yang Rahmatan lil alamin yang diawali dengan magang intensif di Lembaga bank dan non bank syariah, maupun lembaga lain yang mengusung nilai-nilai syariah dalam melaksanakan usaha atau bisnisnya.

Selengkapnya

Program Strata Dua (S2)

Magister Manajemen