KURIKULUM PRODI S-1 KEUANGAN & PERBANKAN SYARIAH
INDONESIA BANKING SCHOOL

 

I. Visi Prodi S-1 Keuangan dan Perbankan Syariah

Menjadi program studi Keuangan Perbankan Syariah yang unggul pada bidang keuangan, dan perbankan syariahdi ASEAN pada tahun 2025

 

II. Misi Program S1-Keuangan danPerbankan Syariah

Misi Program StudiKeuangandanPerbankanSyariahsecaraumummenyelenggarakanTridarmaperguruantinggi, yang menekankanpadakinerja danberkontribusiterhadappeningkatanproduktifitasNasionaldan di ASEAN

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul dan ber integritas dibidang keuangan dan perbankan syariah sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar industri keuangan syariah nasional.
2. Mengembangkan pengetahuan dibidang ekonomi dan keuangan syariah melalui pelaksanaan penelitian yang inovatif dan aplikatif sehingga bermanfaat bagi masyarakat secara umum dan khususnya bagi industri ekonomi dan keuangan syariah.
3. Menghasilkan sarjana keuangan dan perbankan syariah yang kompeten, mempunyai pengetahuan, keterampilan dan berintegritas

 

III. Tujuan Prodi S-1 Keuangan dan Perbankan Syariah

 

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang ekonomi syariah, berjiwa relijius, mandiri, dan memiliki integritas sehingga dapat bekerjasama dan memberikan kontribusi di tingkat nasional, melalui kurikulum yang disusun dengan mempertimbangkan model kurikulum ekonomi syariah yang sejalan dengan nomenklatur DIKTI.
  2. Menjalankan system pendidikan dengan memelihara tingkat mutu sesuai dengan kebutuhan industry ekonomi dan keuangan syariah pada tingkat nasional.
  3. Melibatkan civitas academica Prodi Ekonomi Syariah dalam penelitian yang dapat memperkaya khasanah keilmuan di bidang ekonomi syariah yang berbasis pada moral dan etika dalam rangka menunjang pembangunan nasional.
  4. Melibatkan civitas academica Prodi Ekonomi Syariah pada pengabdian masyarakat dalam bentuk pembinaan, bimbingan dan konsultasi untuk meningkatkan peran serta masyarakat yang berbasis pada moral dan etika.
  5. Meningkatkan kontribusi dan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam masyarakat dengan meningkatkan keahlian dan kreasi dibidang ekonomi syariah pada tingkat nasional.

 

 

IV. Sasaran Prodi S1-Keuangan dan Perbankan Syariah

    1. Visi, Misi dan Sasaran dipahami oleh pemangku kepentingan dan sebagai pedoman dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di Prodi S-1 Keuangan dan Perbankan Syariah IBS.
    2. Mendapatkan Akreditasi Ban-PT terakreditasi A dengan dukungan tata pamong yang baik dan penerapan manajemen mutu secara berkesinambungan untuk pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran prodi S-1 Keuangan dan Perbankan Syariah.
    3. Peninjauan ulang kurikulum berbasis  KKNI setiap minimal 2 tahun sekali dan maksimal 4 tahun sekali, peninjauan ulang silabus setahun sekali

 

V. Profil MahasiswaS-1 Keuangan dan Perbankan Syariah

  1. Alumni atau lulusan Prodi Ekonomi Syariah yang nantinya akan terjun langsung di masyarakat diharapkan dapat memahami teori, konsep dan praktik Ekonomi Syariah, memahami kondisi ekonomi makro-mikro serta mampu mengembangkan konsep etika moral Ekonomi Syariah bagi pelembagaan keuangan syariah yakni perbankan syariah dan bisnis syariah maupun yang lainnya.
  2. Analis officer pada bank syariah dan lembaga keuangan syariah
  3. Funding officer pada bank syariah
  4. Sumber daya insani pada front office bank syariah
  5. Tarde service officer pada kegiatan transaksi lalu lintas pembayaran internasional pada bank syariah
  6. Menjadi praktisi pada industri keuangan syariah non bank

Yang berintegritas, berkeahlian dan berpengetahuan terhadap kemajuan IPKTEKS.

 

 



Contact Email : syariah@ibs.ac.id