Tentang Kami

Salam dari saya, Dr. Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono, S.H., LL.M dan seluruh sivitas akademika Indonesia Banking School dari kampus kami yang rindang di Kemang.

Dunia bisnis, keuangan dan perbankan penuh dengan dinamika. Disrupsi inovasi yang terjadi membawa tantangan, namun juga peluang yang harus ditangkap oleh sumber daya manusia unggul Indonesia. Kami di Indonesia Banking School (IBS) memiliki visi untuk menjadi yang terbaik dalam penyediaan SDM Unggul di bidang Keuangan dan Bisnis Digital.

IBS merupakan perguruan tinggi yang memegang izin resmi dari Dirjen Dikti dan didirikan pada tahun 2004 oleh Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia (YPPI), suatu yayasan yang didirikan dan dibina oleh BANK INDONESIA. IBS menyelenggarakan pendidikan formal jenjang S1 yaitu Program Studi Akuntansi, Manajemen serta Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah. Untuk para profesional, IBS juga menyelenggarakan pendidikan S2 dengan Program Studi Magister Manajemen (MM). Keunggulan semua program pendidikan kami adalah landasan Keuangan Digital yang muncul bukan hanya pada kurikulum namun juga pada ekosistem kampus. 

YPPI memiliki beberapa lembaga, antara lain Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI). LPPI merupakan suatu lembaga pendidikan dan pelatihan bagi para pegawai di lembaga perbankan. Sudah puluhan tahun LPPI nyata menghasilkan kader perbankan nasional yang profesional mengelola bank-bank yang ada di Indonesia. Kampus IBS dan LPPI berada pada kawasan yang sama di Kemang Raya 35 Jakarta Selatan. Sebuah kawasan yang asri yang juga memiliki berbagai fasilitas olahraga seperti gym, futsal, lapangan tenis dan perpustakaan lengkap dengan BI Corner. Kemang merupakan kawasan ideal, aman dan nyaman untuk belajar. Namun demikian, platform pendidikan di IBS juga mengutamakan e-learning yang didukung oleh fasilitas mengajar online yang lengkap. 

Salah satu keunggulan dari IBS adalah luasnya jaringan kami sehingga memungkinkan untuk mahasiswa semester akhir mengambil magang yang kemudian menjadi pintu awal kesempatan bekerja di lembaga kredibel. IBS telah bekerjasama dengan industri perbankan, jasa keuangan dan financial technology, selain dengan institusi pendidikan dalam dan luar negri. Hal ini untuk mempersiapkan setiap mahasiswa menjadi tenaga SDM unggul dan berwawasan luas di tingkat nasional dan regional. IBS didukung sepenuhnya oleh Otoritas Moneter (Bank Indonesia) dan Otoritas Jasa keuangan (OJK). Gubernur Bank Indonesia Bapak Perry Warjiyo SE, MSc, Ph.D sebagai Dewan Kurator IBS, sedangkan Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso SE, MSc, Ph.D menjadi salah seorang anggota Honorable Faculty. Anggota lainnya adalah para mantan Gubernur Bank Indonesia, Ketua Dewan Syariah Nasional/Majelis Ulama Indonesia dan mantan Dirut Bank-bank BUMN.

Selamat datang di Indonesia Banking School.

Dr. Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono SH, LL.M

Ketua Indonesia Banking School



IBS secara resmi beroperasi sejak tahun 2004, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 37/D/O/2003. Pendirian IBS merupakan pengembangan dari Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), lembaga nirlaba yang memberikan jasa kepada perbankan dan masyarakat dalam membentuk tenaga bankir profesional. Secara historis LPPI sudah berperan lebih dari 50 tahun, cikal bakalnya didirikan sejak tahun 1950-an. Nama dan kegiatan lembaga ini sempat mengalami beberapa perubahan, dimulai dari Akademi Bank, Pendidikan Tinggi Ilmu Keuangan khususnya Perbankan (PTIKP), Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) dan Institut Bankir Indonesia (IBI). Namun sejak tahun 2004 lembaga ini kembali melakukan kegiatannya dengan nama LPPI lagi.

Pada tahun 2008, BAN-PT sebagai Lembaga resmi penilaian akreditasi, memberikan nilai “B” dan pada tahun 2016 mempunyai nilai akreditasi yang sama. Nilai akreditasi tersebut diperoleh bagi program studi Strata satu (S1) baik Prodi Akuntansi maupun Prodi Manajemen. Secara resmi ijin untuk dua prodi tersebut pada kekhususan bidang perbankan.

Pada bulan September 2008 untuk pertama kalinya IBS berhasil mewisuda sarjana S1 sebanyak 59 orang. Sampai dengan saat ini IBS telah mewisuda sarjana S1 sebanyak 1.399 (seribu tiga ratus sembilan puluh Sembilan) orang. Para alumni IBS sudah bekerja di berbagai bidang, terutama keuangan, perbankan, bahkan beberapa alumni sudah ada yang memiliki bisnis sendiri.

Pada tahun 2010 berdasarkan Surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 98/D/O/2010, IBS diberi ijin menyelenggarakan program studi S2 Magister Manajemen. Tahun 2013 prodi MM, mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT. Sampai saat ini, prodi MM telah meluluskan 168 (serratus enam puluh delapan)  orang. Pada saat berkuliah di MM sebagian besar merupakan karyawan bank, antara lain Bank Indonesia, Bank Mandiri Syariah, Panin Syariah, Bank BRI, BRI Syariah, Bank Bukopin, Bank DKI, Bank Exim, Bank Capital, Citibank, Bank BNI, Bank BTN.

Pada tahun 2016 berdasarkan surat keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 403/KPT/I/2016 tahun 2016, IBS telah mendapatkan izin untuk menyelenggarakan Program strata satu Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah sejak September 2016, prodi ini telah menerima mahasiswa untuk angkatan pertama. Tahun 2018, untuk pertama kalinya prodi ini telah meluluskan 19 (senmbilan belas) orang. Lulusan ini berasal pindahan dari prodi manajemen konsentrasi Syariah.

Sejak tahun 2014 sampai saat ini, baik prodi Akuntansi, Manajemen, Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah, maupun MM sedang ditingkatkan semua aktivitas dan tata kelolanya. Peningkatan di segala bidang ini bertujuan untuk mendapatkan reakreditasi dengan nilai A dari BAN-PT. Berbagai upaya yang sedang dilakukan diharapkan juga mampu menjadikan nilai akreditasi A secara institusi.

IBS menjalin kerja sama (networking) dengan berbagai institusi, terutama yang erat kaitannya dengan bidang keuangan dan perbankan. MoU yang sudah terjalin meliputi kerja sama dengan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan. Bentuk kerja sama lainnya antara lain dengan:  Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat Indonesia, Bank BCA Syariah, Panin Syariah, Bank Danamon Indonesia, BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Mega Syariah, BTPN Syariah, Bukopin, Bank DKI, Bank UOB.

Pada tahun 2014 Bank Mandiri memberikan dana hibah untuk penyempurnaan lapangan olahraga indoor. Selain itu Bank Mandiri juga memberikan hibah pembangunan mini bank. Bank Syariah Mandiri memberikan hibah pembangunan Musala pada tahun 2014. Pada tahun 2015 Bank BRI menyumbangkan dana untuk mendirikan kantin yang dapat digunakan untuk makan siang bagi mahasiswa, karyawan dan masyarakat sekitar kampus. Pada tahun 2018 ini Bank BNI memberikan hibah untuk perbaikan ruang serta fasilitas belajar mengajar.

VISI

Menjadi Perguruan Tinggi unggul sebagai penyedia sumber daya manusia berkualitas yang berwawasan global di bidang keuangan dan bisnis berbasis teknologi digital.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan berintegritas, berkualitas, siap pakai yang berwawasan global di bidang keuangan dan bisnis berbasis teknologi digital.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan publikasi terutama di bidang keuangan dan bisnis berbasis teknologi digital.
  3. Menyelenggarakan diseminasi, konsultasi, dan aplikasi pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara terutama di bidang keuangan dan bisnis berbasis teknologi digital.
  4. Menjalin kerja sama dengan berbagai institusi yang terkait baik di dalam maupun luar negeri untuk mendukung penyelenggaraan tridarma.
  5. Menerapkan good University Governance dalam rangka meningkatkan kinerja tridarma perguruan tinggi

Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi yang high quality, sustainable dan growing. Adapun tujuan Pendidikan IBS adalah:

  1. Menghasilkan lulusan berintegritas, berkualitas, siap pakai yang berwawasan global di bidang keuangan dan bisnis berbasis teknologi digital
  2. Menghasilkan penelitian dan publikasi berkualitas, khususnya di bidang keuangan dan bisnis berbasis teknologi digital
  3. Menghasilkan kegiatan diseminasi, konsultasi, dan aplikasi pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara terutama di bidang keuangan dan bisnis berbasis teknologi digital
  4. Menghasilkan kerja sama yang berkesinambungan dengan instansi dalam negeri dan luar negeri.
  5. Menciptakan good university governance dengan optimal di berbagai aspek.

integrity

Integritas (Integrity)

Adalah pemahaman atas sikap dan tata nilai yang meliputi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran tentang wawasan kebangsaan, cinta tanah air, memelihara keutuhan NKRI, mengamalkan Pancasila dan UUD 1945 serta memahami dan mengamalkan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an. Secara pribadi integritas ini diwujudkan dalam hal memiliki sikap dan menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, disiplin, serta memiliki kesehatan jasmani, rohani, memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, sosial, dan emosional serta taat dalam beribadah.


skill

Pengetahuan (Knowledge)

Adalah kemampuan dalam pemahaman dan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (ipteks), dengan memahami secara ontologis, epistomologis dan aksiologis dari ipteks yang dipelajari dan dikembangkan, sebagai ilmu yang bermanfaat untuk diamalkan bagi kesejahteraan umat manusia (berilmu amaliah, beramal ilmiah).


knowledge

Keterampilan (Skill)

Adalah kemampuan dalam rangka pengembangan aspek psikomotoris, atau kinerja aksiologis dari ipteks yang sudah diperoleh untuk pengembangan pribadi dan masyarakat yang lebih baik, dalam penerapannya di tataran praktik terutama di praktik keuangan dan perbankan.

Dr. Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono SH, LL.M. (Ketua)

Dr. Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono SH, LL.M. Menyelesaikan studi S1 ​​pada Program Studi Jurusan Perdata Fakultas Hukum di Universitas Indonesia, Jakarta pada tahun 1979. Gelar Master di Jurusan Hukum Internasional, Washington College of Law diambil di American University, Washington DC, USA pada tahun 1984. Selanjutnya ia mendapatkan gelar Dr. pada bidang Jurusan Hukum Ekonomi Perbankan Fakultas Hukum di kampus Universitas Indonesia, Jakarta pada tahun 2008.

Berbagai posisi penting telah dilalui oleh Dr. Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono SH, LL.M, menjadi Peneliti Utama Senior pada Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan Bank Indonesia, Direktur Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan Bank Indonesia, Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen serta saat ini saya menjadi Komisaris PT GoJek/GoPay.

Ass. Prof. Dr. Sparta, SE., Ak., ME., CA. (Wakil Ketua I Bidang Akademik)

Ass. Prof. Dr. Sparta, SE., Ak., ME., CA meraih gelar sarjana pada Program Studi Akuntansi di Universitas Andalas pada Tahun 1989. Selanjutnya meraih gelar Magister bidang Keuangan di Universitas Indonesia pada tahun 2002. Gelar Doktor di bidang Keuangan dan Perbankan saat raih pada tahun 2015 di Universitas Padjadjaran.

Profesi dosen telah beliau jalani sejak tahun 1987 hingga 1991 di Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang sebagai Dosen Tetap PNS. Tahun 1991 hingga sekarang selesai mengajar di berbagai perguruan tinggi di Jakarta dan pernah mengajar selama 8 tahun di Program Ektensi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (2000-2007). Disamping sebagai pengajar, beliau juga memiliki banyak pengalaman di dunia praktik yaitu PT. Sumber Saran Sempurna sebagai residen kosultan di BAPEDA Tk.1 Padang tahun 1989, di Kantor Akuntan Publik (KAP) Gafar Salim, Padang, di Kantor Akuntan “Eka Masni” Jakarta, di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) sejak tahun 1991 sampai dengan 1999 dengan Kepala terakhir sebagai Kepala Pembiayaan Kredit, sebagai konsultan keuangan di Pusat Pengembangan Akuntansi FEUI (PPA UI), mulai bergabung di Sekolah Perbankan Indonesia (IBS) sejak awal berdirinya tahun 2004 hingga sekarang. Selama di IBS beliau pernah menjadi Ketua Program Studi Akuntansi (2004-2009), sebagai redaktur pertama yang menerbitkan jurnal ilmiah “Jurnal Keuangan dan Perbankan” tahun 2004, Sekretaris Penerimaan Mahasiswa Baru 2015, Wakil Ketua Magang Mahasiswa pertama 2004, sebagai Anggota Senat IBS sejak tahun 2004 sampai saat ini, dan sejak tahun 2015 sampai sekarang sebagai Wakil Ketua I Bidang Akademik IBS.

Gatot Sugiono S. SE., MM. (Wakil Ketua II Bidang Keuangan dan Umum)

Gatot Sugiono S., SE, MM. Beliau lulus dari Fakultas Ekonomi, Jurusan Studi Pembangunan, Universitas  Airlangga, Surabaya  tahun 1981 dan meraih gelar Master in  Management (MM) tahun 1998, MRR Concentration Corporate Strategy, Asian Institute of Management, Manila, the Philippines.

Pengalaman profesi beliau yang pertama adalah sebagai Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau pada tahun 2007, pada tahun 2009 menjadi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumatera Utara dan Aceh, Direktur Eksekutif Departemen Sumber Daya Manusia Bank Indonesia pada 2010, pada tahun 2012 menjadi Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Komisaris Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) di tahun 2012, pada tahun 2014 beliau menjadi Komisaris  Independen PD. BPR Bank Daerah Bojonegoro, menjabat sebagai Badan Pelaksana Harian Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia (BPH YPPI) di STIE Indonesia Banking School, 2015 – 2019, dan sebagai Pengawas Harian Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia (PH YPPI), 2019 sampai sekarang.

Dr. Nuri Wulandari S.E., M.Sc. (Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Pemasaran dan Informasi Teknologi)

Dr. Nuri Wulandari S.E., M.Sc. Meraih gelar Sarjana Ekonomi di Universitas Indonesia di tahun 2003. Selanjutnya mendapatkan gelar Magister of Science di University of Birmingham di Inggris, dan meraih gelar Doktor di Universitas Indonesia dalam bidang Marketing pada tahun 2014.

Pengalaman profesi beliau diawali di tahun 2003 sebagai Client Service Executive Retail Department di ACNielsen dimana beliau bertanggung jawab atas menganalisa data untuk berbagai kategori market sampai menjaga hubungan baik dengan para klien. Selain itu di tahun 2006 sebagai Senior Client Solution Analytic Consultation di The Nielsen Company dimana beliau bertanggung jawab Menganalisis Data Pasar dengan kemampuan pemodelan, termasuk: Penetapan Harga, Distribusi dan Assortment untuk klien FMCG dalam berbagai kategori. Menangani proyek penelitian dari Promosi Penjualan hingga Presentasi Hasil, Lokakarya, dan kueri. Beliau bekerja dengan tim global di seluruh dunia untuk memberikan hasil bagi klien. Beliau juga bertanggung jawab untuk pelatihan produk. Disini beliau  menerima penghargaan sebagai pelatih terbaik tahun 2007. Selain itu beliau juga berkiprah sebagai konsultan dan peneliti dari tahun 2009 hingga sekarang, sebagai konsultan marketing di Unlimited Insight dari tahun 2014, sebagai Dosen Tidak Tetap program Magister Manajemen di Universitas Indonesia dan Indonesia Banking School, dan sebagai Dosen Tetap di kelas Reguler Indonesia Banking School.

Dr. Muchlis, Ak. MBM (Direktur S2 Magister Manajemen)

Dr. Muchlis, Ak. MBM. Beliau meraih doktor bidang Akuntansi di  Universitas Indonesia, meraih Master in Business Management di Asian Institute of Management di Filipina serta lulusan Sarjana Ekonomi Akuntansi dari Universitas Gadjah Mada.

Pengalaman profesi beliau adalah sebagai pengajar, peneliti dan konsultasi di Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) dalam bidang operasional perbankan internasional dan corporate strategies perbankan. Beliau juga memiliki keahlian penelitian di bidang Research on bank  financial statements, Earnings management in banks dan Accounting Standards on financial instruments.

Dr. Untoro Kayatnan, SE., MSc. (Direktur Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat P3M)

Dr. Untoro Kayatnan, SE., MSc. Meraih gelar Master of Science in Business Administration pada tahun 1998 di University of Illinois Urbana Champaign – Amerika Serikat dan meraih gelar Doctor in Accounting Science di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Pengalaman profesi beliau di Bank Indonesia dengan posisi terakhir sebagai Dekan dan Dosen Senior di Akademi Sistem Stabilitas Keuangan dan Sistem Pembayaran, Institut Bank Indonesia. Pada bulan Mei tahun 2019 beliau masuk di Tim “Road Map Pengembangan BMT di Indonesia” dan pada bulan April juga masuk dalam Tim “Spin Off BTN Syariah” dan pada bulan Desember masuk di Tim “Issuing Covered Bond di PT Sarana Multigriya Finance. beliau juga banyak membuat penelitan dan publikasi di bidang keuangan.

Prof. Dr. Adrianus Mooy, M.Sc., Ph.D
Muliaman D. Hadad
Prof. Dr. H. Djokosantoso Moeljono, CBA
Dr. Darmin Nasution, S.E.