VISI

Menjadi Perguruan Tinggi unggul sebagai penyedia sumber daya manusia berkualitas yang berwawasan global di bidang keuangan dan bisnis berbasis teknologi digital.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan berintegritas, berkualitas, siap pakai yang berwawasan global di bidang keuangan dan bisnis berbasis teknologi digital.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan publikasi terutama di bidang keuangan dan bisnis berbasis teknologi digital.
  3. Menyelenggarakan diseminasi, konsultasi, dan aplikasi pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara terutama di bidang keuangan dan bisnis berbasis teknologi digital.
  4. Menjalin kerja sama dengan berbagai institusi yang terkait baik di dalam maupun luar negeri untuk mendukung penyelenggaraan tridarma.
  5. Menerapkan good University Governance dalam rangka meningkatkan kinerja tridarma perguruan tinggi

TENTANG KAMI

Dunia bisnis, keuangan dan perbankan penuh dengan dinamika yang menantang karena memerlukan kompetensi SDM yang mumpuni dan profesional di sektor tersebut. Disrupsi inovasi yang terjadi selain merupakan tantangan juga sekaligus sebagai peluang yang harus ditangkap oleh SDM Unggul Indonesia yang berminat berkiprah di bidang tersebut. Kami, di Indonesia Banking School (IBS) memiliki Visi untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi yang terbaik dalam penyediaan SDM Unggul di bidang Keuangan, Perbankan dan Bisnis berbasis Digital.

IBS merupakan perguruan tinggi yang memegang izin resmi dari Dirjen Dikti dan didirikan pada tahun 2004 oleh Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia (YPPI), suatu Yayasan yang didirikan dan dibina oleh BANK INDONESIA. Sebagai perguruan tinggi, IBS menyelenggarakan pendidikan formal jenjang S1 yaitu Program Studi Akuntansi, Manajemen dan Manajemen Keuangan & Perbankan Syariah. Untuk para profesional, IBS juga menyelenggarakan pendidikan S2 dengan Program Studi Magister Manajemen (MM). Keunggulan semua program studi di IBS berbasis digital di bidang Keuangan, Perbankan dan Bisnis yang menjadi Capaian Pembelajaran Lulusan dan Capaian Pembelajaran Kuliah pada kurikulum yang ditetapkan serta ekosistem kampus yang edukatif.

YPPI sebagai Penyelenggara IBS memiliki beberapa unit usaha antara lain Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI). LPPI suatu lembaga pendidikan dan pelatihan bagi para pegawai dan pejabat perbankan dan industri keuangan lainnya. LPPI sudah banyak menghasilkan kader perbankan nasional yang profesional di Indonesia. Kampus IBS dan LPPI berada di kawasan yang sama di Kemang Raya 35 Jakarta Selatan. Sebuah kawasan yang asri dan hijau dan memiliki berbagai fasilitas olah raga seperti gym, futsal, lapangan tenis, bulu tangkis, basket, Kantin Student Lounge (Kantin) dan IBS Corner (tempat diskusi). Kampus IBS juga dilengkapi perpustakaan dengan fasilitas media belajar yaitu Bank Indonesia Corner dan OJK Corner. Kemang merupakan kawasan ideal, aman dan nyaman untuk belajar secara offline. Dalam kegiatan belajar – mengajar, IBS juga menyediakan e-learning yang didukung oleh fasilitas online yang memadai.

Salah satu keunggulan dari IBS adalah luasnya jejaring dengan industri pendidikan, keuangan perbankan dan lembaga lain yang relevan. Hal tersebut menjadi media bagi mahasiswa untuk melakukan Magang dan aktivitas Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) lainnya yang merupakan media untuk peningkatan keterampilan termasuk mendapatkan kesempatan kerja pada industri terkait di dalam negeri maupun tingkat internasional. Sebagai upaya untuk mempersiapkan setiap mahasiswa menjadi SDM unggul dan berwawasan luas di bidang ekonomi, moneter dan keuangan, IBS mendapatkan dukungan penuh dari Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) serta kalangan Industri Keuangan dan Perbankan. 

Dr. Kusumaningtuti S. Soetiono SH, LL.M

Ketua Indonesia Banking School

19 YEARS EXPERIENCE

IBS WITH 19 YEARS EXPERIENCES

Pendirian IBS merupakan pengembangan dari Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), yang bergerak di bidang pendidikan bagi insan perbankan dan industri keuangan lainnya untuk menjadi bankir dan SDM keuangan yang kompeten dan profesional. LPPI sudah berperan sejak tahun 1950-an. Dalam perjalannya LPPI dikelola di bawah naungan Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia (YPPI). Selanjutnya YPPI mengembangkan unit usahanya dengan mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School atau IBS, dimana secara tata pamong IBS sebagai pengelola Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh YPPI. IBS secara resmi beroperasi sejak tahun 2004, berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional RI No. 37/D/O/2003.

Dalam perjalannya, pada tahun 2008, BAN-PT sebagai Lembaga  penilaian akreditasi, memberikan predikat akreditasi  “B”, yang selanjutnya pada tahun 2016, IBS terakreditasi yang sama. Predikat akreditasi tersebut diperoleh untuk program studi S1 Akuntansi dan  Manajemen. Dalam karakter akademiknya, ke dua prodi tersebut dikemas dalam keilmuan dan keterampilan di bidang perbankan termasuk industri keuangan lainnya. 

Pada bulan September 2008 untuk pertama kalinya IBS berhasil mewisuda sarjana S1 sebanyak 59 orang. Sampai dengan saat ini IBS telah mewisuda sarjana S1 sebanyak 1.399 (seribu tiga ratus sembilan puluh Sembilan) orang. Para alumni IBS sudah bekerja di berbagai bidang, yaitu keuangan, perbankan, bisnis lainnya dan pemerintahan,  bahkan  sudah ada yang memiliki bisnis sendiri.

Pada tahun 2010 berdasarkan Surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 98/D/O/2010, IBS diberi ijin menyelenggarakan program studi S2 Magister Manajemen (S2 MM). Tahun 2013 prodi S2 MM, terakreditasi B dari BAN – PT. Prodi MM telah meluluskan 168 orang alumni. Mahasiswa S2 MM IBS sebagian besar merupakan karyawan perbankan dan otoritas moneter dan keuangan, antara lain Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, BSI, Panin Syariah, Bank BRI, BRI Syariah, Bank Bukopin, Bank DKI,  Bank Capital, Citibank, Bank BNI, Bank BTN dll.

Pada tahun 2016 berdasarkan surat keputusan Menristekdikti No. 403/KPT/I/2016 tahun 2016, IBS telah mendapatkan izin untuk menyelenggarakan Program Studi S1 Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah (MKPS) sejak September 2016. Prodi ini telah menerima mahasiswa untuk angkatan pertama. Tahun 2018, untuk pertama kalinya prodi ini telah meluluskan 19 orang. 

Sejak tahun 2014 sampai saat ini, baik prodi S1 Akuntansi, Manajemen, MKPS, dan S2 MM sedang ditingkatkan semua aktivitas dan tata kelolanya. Peningkatan di segala bidang ini bertujuan untuk mendapatkan re akreditasi dengan nilai A dari BAN-PT. Berbagai upaya yang sedang dilakukan diharapkan juga mampu menjadikan nilai akreditasi A secara institusi. Sesuai dengan upaya peningkatan akreditasi tersebut, pada tahun 2023 prodi S2 MM dan S1 MKPS telah mendapatkan akreditasi “Unggul” dari LAMEMBA. Selanjutnya untuk prodi S1 Akuntansi dan Manajemen sedang diupayakan untuk peningkatan menjadi Unggul. Pada awal tahun 2024 akan dilakukan pengunggahan dokumen peningkatan akreditasi ke akreditasi Unggul pada laman LAMEMBA. 

Dalam meningkatkan jejaring (networking), IBS menjalin kerja sama dengan berbagai industri terkait terutama bidang keuangan-perbankan Otoritas terkait, Perguruan Tinggi(dalam dan luar negeri) dan institusi pemerintahan. MoU dan kerjasama telah dilakukan antara lain dengan BI, OJK, LPS, Pemda, dan industri Keuangan-Perbankan dan lainnya yang relevan dengan bidang Tridharma yang dilaksanakan oleh IBS.  

Sebagai upaya untuk meningkatkan branding kelembagaan yang sekaligus sebagai media marketing bagi IBS, maka sejak tahun 2020 sampai saat ini telah dilakukan Webinar dan Kuliah Umum (guest lecture) dengan menghadirkan para pakar dan praktisi. Dalam rangka melakukan pemasaran mahasiswa baru (intake), IBS juga melakukan kunjungan ke SMA/SLTA untuk sosialisasi literasi keuangan dan mengikuti pameran (edufair) di Jakarta dan kota-kota lainnya.

Dalam rangka, menjalin hubungan dengan industri terkait, IBS juga berupaya mendapatkan pendanaan terkait pembangunan Sarpras maupun beasiswa dan pendanaan lain untuk pengembangan IBS. Pada tahun 2014 Bank Mandiri memberikan hibah untuk perbaikan lapangan olahraga indoor dan pendirian ruang Mini Bank untuk praktikum operasional bank bagi mahasiswa.  Bank Syariah Indonesia juga memberikan hibah pembangunan Musholla tahun 2014. Tahun 2015, Bank BRI juga membantu mendirikan Kantin (Student Lounge) dan IBS Corner. Pada tahun 2018, Bank BNI memberikan hibah perbaikan ruang dan fasilitas belajar mengajar terutama untuk kegiatan S2 MM. Dalam kurun waktu tahun 2020 sampai 2022, beberapa Bank antara lain Bank Permata, Bank Sinarmas, Bank DKI, BCA dll juga telah memberikan bantuan Beasiswa GRIBS bagi mahasiswa yang terdampak Pandemi Covid -19. 

Ketua
Dr. Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono, S.H., LL.M
Wakil Ketua I
Dr. Erric Wijaya, S.E.,ME.
Wakil Ketua II
Gatot Sugiono S. SE., MM.
Wakil Ketua III
Dr. Whony Rofianto, ST., MSi.
Direktur Magister Manajemen
Dr. Ir. Batara M Simatupang, MT., MPhil., CIMBA, CAPF
Kaprodi Akuntansi
Nova Novita, S.E., M.S.Ak
Kaprodi Manajemen
Ossi Ferli, S.T., S.E., M.S.M.
Kaprodi MKPS
Puspita, SE, MSi

OFFICE LINE

(021) 71791838

(021) 71791979

(021) 7195474

MARKETING

Hunting : (021) 71791838/979 Ext. 196,197

WORKING HOURS

9:00am – 5:00pm

OFFICE LINE

1.800.555.6789

EMERGENCY

1.800.555.0000

WORKING HOURS

9:00am – 6:00pm