Webinar Internasional Pengabdian Masyarakat “Digitalisasi Wakaf : Masalah dan Solusi”

December 13, 2022

Written by: gita humas

Teknologi digital merupakan bukti kemajuan jaman hasil kreasi manusia yang dimanfaatkan untuk mempermudah manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari dalam berbagai bidang. Wakaf (endowment) merupakan salah satu instrumen keuangan Islam yang dalam perkembangannya sangat dipengaruhi oleh peran digitalisasi. Sejak lahirnya wakaf di era Nabi dan para Sahabat, warisan unik Islam ini, belakangan mencapai perkembangan pesat dengan segala bentuk inovasinya. wakaf uang atau wakaf tunai (cash waqf) menggunakan layanan E-Banking dan crowdfunding waqf merupakan bukti nyata keberhasilan wakaf berintegrasi dengan dunia digital. Pengelolaan wakaf yang memanfaatkan teknologi dan platform digital berupa sosial media dan marketplace memang dapat mempercepat transformasi wakaf kontemporer.

Penyediaan situs digital wakaf sangatlah penting. Sayangnya, transformasi wakaf ke arah digital di era pandemi dan masa pandemi ini mengalami berbagai kendala yang sangat membutuhkan solusi. Selain itu, tingkat literasi masyarakat mengenai wakaf digital juga belum inklusif dan platform digital wakaf yang dapat menjangkau masyarakat luas juga belum memadai. Oleh karena itu, forum ilmiah yang menelaah tentang masalah dan solusi digitalisasi wakaf sangatlah diperlukan.

IBS telah menyelenggarakan dengan baik acara webinar bertaraf internasional ini loh Sobat IBS, Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan sangat disambut baik oleh berbagai kalangan dari mulai kalangan akademisi, praktisi, regulator, juga masyarakat umum yang memiliki perhatian tentang wakaf. Realisasi PKM sesuai dengan yang direncanakan baik dari sisi program maupun waktu pelaksanaan. Acara ini berlangsung secara daring dengan menggunakan link Zoom meeting dan live streaming di Youtube SHARIA Community dikarenakan daya tampung zoom maksimal 100 orang, sedangkan jumlah pendaftar mencapai hampir 200 orang, sehingga bagi peserta di luar zoom, dapat menyimak di youtube dan interaktif menyampaikan pertanyaan di chat box youtube.

Cek galeri postingan ini ya Sobat IBS untuk melihat keseruan acara yang telah terselenggara ini, See you on another Webinar Internasional Sobat!

Archives

Share this Article

Go to Top