Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M)

Indonesia Banking School

Profil P3M IBS

STIE Indonesia Banking School (IBS) merupakan perguruan tinggi yang memegang izin resmi dari Dirjen Dikti dan didirikan pada tahun 2004 oleh Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia (YPPI), suatu yayasan yang didirikan dan dibina oleh Bank Indonesia. IBS menyelenggarakan pendidikan formal jenjang S1 yaitu Program Studi Akuntansi, Manajemen serta Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah. Untuk para profesional, IBS juga menyelenggarakan pendidikan S2 dengan Program Studi Magister Manajemen (MM). Keunggulan semua program pendidikan kami adalah landasan Keuangan Digital yang muncul bukan hanya pada kurikulum namun juga pada ekosistem kampus.

Sesuai dengan STATUTA STIE IBS, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) berfungsi sebagai unsur pelaksana akademik di lingkungan IBS yang menyelenggarakan kegiatan penelitian/pengkajian dan pengabdian kepada masyarakat; serta melaksanakan, mengkoordinasi, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta ikut mengusahakan serta mengendalikan administrasi sumberdaya yang diperlukan.

Visi dan Misi

VISI

Menjadi Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat yang menjadi Rujukan dan dapat memberi Nilai Tambah bagi Industri Keuangan khususnya Industri Perbankan pada tahun 2025.

MISI

  • Melaksanakan program kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan integritas, pengetahuan dan keterampilan sumberdaya manusia di industri keuangan khususnya industri perbankan sebagai pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  • Mengembangkan serta meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di STIE IBS yaitu pada manajemen dan akuntansi dalam arti luas bidang keuangan khususnya perbankan beserta turunannya.
  • Melaksanakan dan meningkatkan kerjasama dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan instansi pemerintah dan swasta untuk menunjang pemberdayaan masyarakat.
  • Mengupayakan kemandirian dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui kelembagaan manajemen yang berorientasi mutu dan kemampuan bersaing secara regional, nasional dan internasional, melalui publikasi ilmiah yang terpandang (terindeks).
  • Melaksanakan kegiatan pelatihan, lokakarya, seminar, workshop, up grading dan kegiatan ilmiah lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat.