Kunjungan Mahasiswa IBS ke Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)

May 30, 2024

Written by: gita humas

Sebuah kunjungan yang bermakna dilakukan oleh mahasiswa Kampus Indonesia Banking School (IBS) ke Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), di mana mereka tidak hanya mendapat wawasan mendalam tentang Pancasila, tetapi juga kuliah umum dari dua ahli terkemuka dalam bidang tersebut. Kunjungan ini memberikan manfaat yang besar bagi pemahaman dan apresiasi mahasiswa terhadap nilai-nilai luhur Pancasila.

Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa IBS disambut dengan hangat oleh para jajaran staff dan pejabat BPIP, yang memberikan pengantar tentang pengenalan BPIP dan Salam Pancasila Setelah itu, dua ahli yaitu Bapak Dr. Muhammad Sabri, M.A dan Bapak Sadono Sriharjo, S.T.,M.M.,memberikan kuliah umum yang menginspirasi tentang pokok-pokok pikiran Pancasila, konteksualisasi nilai-nilai Pancasila, dan bagaimana Pancasila sebagai landasan etik-spiritual.

Bapak Dr. Muhammad Sabri, M.A yang memberikan kuliah umum, menekankan pentingnya memahami nilai-nilai Pancasila sebagai landasan berbangsa dan bernegara. “Saat ini kita harus paham bagaimana memperkokoh Pancasila sebagai dasar negara, nyanyian lagu Indonesia Raya 3 stanza memberikan kita pemahaman bahwa Stanza 1 marilah kita berseru, Indonesia bersatu lalu Stanza 2 marilah kita berdoa, Indonesia bahagia, pada Stanza 3 marilah kita berjanj, Indonesia abadi. Ini sangat Visioner, Indonesia sudah merdeka yang artinya bersatu lalu bahagia, ketika Indonesia bahagia maka akan abadi”

Manfaat kunjungan ini sangat besar bagi mahasiswa dan kunjungan ini juga tidak akan terwujud apabila Dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Pancasila ini yaitu Djoko Soedibjo Pinilih DW, S.E., MM tidak bergerak dan menjalin hubungan baik dengan BPIP itu sendiri. Mahasiswa yang turut serta merupakan mahasiswa jurusan Manajemen yang mana juga datang ditemani oleh Ketua dan Sekretaris Program Studi Manajemen  yaitu Ibu Ossi Ferli, S.T., S.E., M.S.M. dan Ibu Meta Andriani, S.E., M.M.

Mereka tidak hanya mendapat pemahaman yang lebih dalam tentang Pancasila sebagai ideologi negara, tetapi juga terinspirasi untuk menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan dalam peran mereka sebagai agen perubahan di masyarakat.

Dengan demikian, kunjungan mahasiswa IBS ke BPIP dan kuliah umum ini tidak hanya menjadi pengalaman berharga bagi mereka secara pribadi, tetapi juga memberikan kontribusi yang berarti dalam upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia melalui pemahaman yang lebih mendalam tentang Pancasila.

Archives

Share this Article

Go to Top