Survey and Identification of Superior Products of The Outer Baduy Tribe

March 18, 2023

Written by: gita humas

Pada kesempatan kali ini, Tim PKM STIE IBS mendatangi salah satu wilayah dari Suku Baduy Luar di Banten dalam bentuk survey prospek pengembangan produk UMKM dan wisata Suku Baduy Luar. Hal ini diinisiasi karena Pandemi Covid 19 melanda Indonesia sejak tahun 2020 menimbulkan dampak negatif pada sektor usaha khususnya sektor UMKM dan wisata baik wisata alam maupun wisata budaya. Hal ini berdampak pula Provinsi Banten khususnya pada Suku Baduy Luar. Suku Baduy merupakan suku di pedalaman Banten yang hidup secara terisolasi dari dunia luar dengan kehidupan yang sederhana dan menyatu dengan alam. Sumberdaya alam yang berlimpah dengan alam yang alami dan budaya uniknya menjadi sumber penghidupan masyarakat.

Potensi penjualan produk asli masyarakat Baduy luar mengalami penurunan drastis semenjak terjadinya covid-19 khususnya banyak mitra kerjasama yang mengalami kebangkrutan usahanya sehingga tidak dapat menampung hasil produk asli masyarakat. Salah satu contoh adalah Pasaraya yang sebelum pandemi secara rutin menampung produk-produk asli daerah khususnya dari Baduy sejak 2020 banyak menutup gerainya di mall/pusat perbelanjaan ternama sehingga saluran distribusi penjualan produk dari Baduy menurun. Disisi lainnya masyarakat Baduy yang
masih hidup sederhana dan tidak banyak mengenal teknologi seperti transportasi dan komunikasi membuat distribusi serta penjualan produk asli mereka tidak maksimal. Banyak masyarakat Baduy Luar yang terpaksa menempuh berjalan kaki ke Jakarta untuk berjualan madu ataupun kerajinan asli mereka dengan jumlah terbatas yang terkadang penjualannya tidak menutupi biaya makan dan lainnya selama perjalanan.

Kondisi penurunan penjualan produk asli Baduy dan penurunan wisatawan ke wisata alam budaya
menyebabkan tingkat perekonomian masyarakat Baduy menurun seperti naiknya tingkat stating/busung lapar balita di daerah Banten khususnya Baduy. Pemerintah khususnya Provinsi Banten bekerjasama dengan pihak-pihak lain menanggulangi permasalahan tersebut. STIE Indonesia Banking School sebagai kampus berbasis ekonomi melakukan pengabdian masyarakat dengan langkah awal pengetasan masalah ekonomi melalui survey dan identifikasi produk dan wisata alam unggulan suku Baduy luar sebagai dasar pengembangan sumber pendapatan
masyarakat Baduy luar dalam rangka peningkatan ekonomi bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Banten.

Berikut adalah dokumentasi dari rangkaian kegiatan STIE IBS selama di  Suku Baduy Luar nih Sobat IBS, dont forget to check it out!

Archives

Share this Article

Go to Top